Friday, September 6, 2019

Pengertian-Pengertian Berbagai Kingdom dalam Biologi

Perlu saya tanyakan ulang berapa banyak kingdom yang tercantum dalam pelajaran Biologi? Mungkin lebih jelas kita mengklasifikasikan secara ilmiah menurut kingdom yang ada tetapi menurut perkembangan para biolog. Pasti akan berbeda tiap tahun menurut merekalah. Akan tetapi apa yang diterima masyarakat umum dan juga anak sekolah mengenah di Indonesia. jadi akan dimulai dari apa yang sering ada.

Macam-Macam Kingdom, kecuali
monera sudah dihapuskan dalam sistem Kingdom
© perpusku
Untuk mengenal Kingdom yang terdapat pada hakekatnya sebelum mengenal dengan sistem 2 kingdom utama. Yakni Tumbuhan dan Hewan. Berkembang-berkembang akhirnya kita mengenal 6 kingdom utama. Hal ini karena perkembangan yang semakin maju dan penelitian tidak habis-habisnya untuk mengamati wahyu umum dan Bumi dari Tuhan. Sehingga pada kesempata ini akan menjelaskan mengenai salah satu hal yang menarik dari kingdom dalam biologi. Let's check it out.

Kingdom-Kingdom dalam Biologi

Klasifikasi adalah sangat peting untuk memisahkan antara suatu bagian spesies atau jenis diklasifikasikan pada jenis yang sama dan mengelompokan pada suatu kelompo yang sama serta mengkategorikannya. Khususnya pada bidang biologi bahwa mengelompokan hewan maupun tumbuhan dan spesiesy ang dianggap sama, khususnya fisik yang dimiliki kepada kelompok-kelompok tertentu.

Klasifikasi adalah suatu metod yang dipakai untuk memilah maupun mengkategorikan makluk dalam suatu golongan tertentu. Tujuannya jelas agar mempermudah mengenali, perbandingan, memepalajari suatu makhluk hidup dan spesies itu. Dasar utama adalah memiliki kesamaan dan perbedaan masing-masing makhluk hidup. 
Sistem lime Kingdom yang masih dipakai
© biologigonz.blogspot.com

Kingdom adalah suatu tingkatan yang sangat tinggi dan atas dari suatu klasifikasi makhluk hidup. meskipun mash dibawah Domain dan kehidupan. Tetapi dari suatu kingdom atau kerjaan, kita sudah mulai mengerti ia berada dalam suatu kingdom atau kerjaan apa. 

Pada pengertian-pengertian kingdom ini kita akan membahs hal-hal ini secara sekilas(Woese /
Carl Woese tahun 1977

1. Kingdom Plantae/Vegetabilia/Tumbuhan

Kingdom Plantae atau Kingdom yang umunya dikenal sebagai kingdom tumbuhan. Tumbuhan ini sendiri dimulai dari tumbuhan kecil yang disebut Lumut (byophyta), Tumbuhan paku (pteriodhyta), tumbuhan biji terbuka (gymnospermae), dan tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae). salah satu ciri khasnya adalah meiliki sel eukariotik yang terdiri juga banya sel yang berdiferensiasi membentuk jaringan. Salah satunya yang penting ciri-ciri tumbuhan adalah dapat membuat makanan sendiri serta terdapat kloroplas. 

Kingdom yang lebih sering dikenal sebagai kingdom hewan. Dikarnakan hewan tidak bisa membuat makanannya sendiri serta hanyahidup tergantung pada hewan lain atau tumbuhan. CIri-cirinya adalah memiliki tulang belakang (vertebrata) atau yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrata / avetebrata).

3. Kingdom Protista

Makhluk hidup yang ada di kingdom yang selnya eukariotik. Tersusun pada satu sel tapi tidak berdiferensiasi. Umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan., bahkan jamur. Kelompok ini sendiri dapat saja menyerupai tumbuhan (ganggang / Protphyta). Jamur, maupun hewan (Protozoa, protos : pertama, dan zoa : hewan). untuk mengerti klasifikasi lebih lanjut dari Protozoa dilihat dari alat geraknya. Sedangkan untuk kelompok Ganggang dikelompokkan berdasarkan pigmen /jenis chyropyl.

4. Kingdom Eubacteria

Pada bagian ini, makhluk di kingdom ini dibedakan berupa makhluk hidup yang memliki sel tunggal (uniseluler). Makhluk hidup dalam kingdom ini lebih sering disebut dengan bakteri. Ciri-ciri yang menjadikan kelompok ini adalah memiliki sel prokariotik. Organisme yang kelompok dalam kingdom ini memiliki peptidoglikan dalam dinding sel.

5. Kingdom Archaebacteria

Seorang mikrobiolog Carl Woese yang membedakan dalam 6 kingdom ini serta peneliti lain dari University of Lllinois menemukan kelompok bakteri yang memiliki ciri yang berbeda dan unik dari bateri lainnya serta berbeda dengan monera lainnya. Sehingga dikategorikan Archaebacteria.

Kingdom ini condong mendekati ciri makhluk hidup eukariota dibandingkan bakteri lain yang yang condong menyerupai prokariota. Sehingga dipisahkannya dari yang lain. Ketimbang dengan makhluk hidup yang lain. Terlebih lagi gaya hidup dan lingkungan hidup Archaebacteria di daerah yang sangat ekstrem.

Ciri yang terdapat pada jamur ialah memiliki sel eukariotik dan tidak bisa membuat makanan sendirinya. . Hidup sebagai heterotrof dan menyerap organik yang ada di lingkungannya. Kehidupan sang Jamur sendiri sebagai parasit dan saprofit. Terdiri dari berbagai jenis jamur kecuali Jamur Lendir (myxomycota), jamur air (Oomycota) dan kelompok dari kelasnya.


Berkembang dari Cavalier-Smith / Thomas Cavalier-Smith Tahun 2004

kingdom Eubacteria dan Archaebacteria --> Bacteria
kingdom Protista --> Protozoa dan Chromista

4. Kingdom Bacteria / Bakteri

Kingdom Bacteria dikenal seabgai kingdom bakteri yang diklasifikasikan oleh Cavalier-Smith dalam sistem 6 kingdomnya. Lebih condong pada pengertian Eubacteria.

6. Kingdom Protozoa

Protozoa berasal dari kata (Protos -> Pertama, dan Zoon/Zoa -> hewan). Jadi protozoa adalah hewan pertama. Prtozoa sendiri merupakan salah satu kelompok dari protista eukariotik. Bahkan kebanyakan protozoa hanya dapat dilihat dari bawah mikroskop.

Ciri-ciri dari Protozoa sendiri adalah organismenya uniseluler atau bersel tunggal. Eukariotik, Hidup soliter atau berkoloni. Tidak bisa membuat makanan sendiri. Hidup bebas, saprofit, atau parasit. Membangun kista dalam bertahan hidup. Dan diklarisikasikan pada alat geraknya.

Kingdom Chromista adalah kelompok organisme eukariotik yang diperkenalkan Cavalier-Smith untuk melengkapi kingdom yang ada dalam tahun 1981. Namun karena beberapa perdebatan biolog pada saati itu untuk memberikan batas atau perbedaan yang sangat signifikan antara protista dan plantae. Sehingga karena berhasilnya melakukan pembatasan itu, akhirnya terdapatp erbedaan yang ada.

Ciri perbedaanya adalah memiliki flagel yang ditutupi oleh tubular hair yang disebut mastigomene.Selain itu kloroplasnya terdapat pada lumen retikulum endoplasma granula. Serta memiliki jenis klorofil c. Struktur mikondria ari chromista berbentuk krista tubular.  Cadangan makanannya dibentuk di vesikel luar kloroplas. Serta dinding sel bervariasi, selulosa, dan mengandung silikon.

Perkembangan Tahun 2015

Lalu berkembang lagi dari  Bacteria --> kingdom Eubacteria dan Archaes

8. Kingdom Archaes

Serupa dengan kingdom Archaebacteria. Kingdom ini sendiri diusulkan oleh Ruggiero dan kawan-kawan (termasuk Cavalier Smith) setelah perubahan pada tahun 2015. Dan pada tahun yang sama memperkenalkan sistem 7 Kingdom. Yakni
  • Kingdom Bacteria
  • Kingdom Archaea
  • Kingdom Protozoa
  • Kingdom Chromista
  • Kingdom Fungi
  • Kingdom Plantae
  • Kingdom Animalia

Kesimpulan

Setiap kingdom memiliki makna tersendiri dan tujuan tersendiri serta pengklasifikasian tersendiri menurut apa yang menjadi kesamaan maupun yang terjadi perbedaan yang ada. Akan Tetapi nanti akan mungkin terdapat kingdom baru yang dapat membedakan antara makhluk hidup ini dengan makhluk hidup lainnya. Khususnya secara umum yang dipakai adalah hasil dari Woese /
Carl Woese tahun 1977. Tetapi berkembang karena seorang biolog Calvalier-Smith ditahun 2004 dengan menemukan perbedaan Protozoa dengan Chromista.
Tingkat Organisasi dan Struktur BSCS
© ediponorogo.wordpress
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Klasifikasi_ilmiah, Wikipedia diakses pada 6 September 2019.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_(biologi), Wikipedia diakses pada 6 September 2019.
https://id.wikipedia.org/wiki/Protozoa,  Wikipedia diakses pada 6 September 2019.
https://www.generasibiologi.com/2016/11/artikel-ciri-ciri-kingdom-chromista-contoh.html Generasi Biologi diakses pada 6 September 2019.

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon