Sunday, June 18, 2017

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan dari Topologi Point to Point

Masih ingat akan macam-macam topologi? Mungkin kalian akan mengenal namanya hubungan antar komputer atau perangkat dalam satu jaringan guna menghubungkan komunikasi maupun dalam hal maintenance atau perbaikan dan pemeliharaan perangkat satu jaringan, untuk itulah topologi jaringan diciptakan. salah satu topologi sederhana dan dasar dari hubungan jaringan adalah Topologi Point to Point.

Topologi Point to Point
 
Pada artikel kali ini, kalian akan mengenal yang namanya topologi dasar kali ini yang merupakan penghubung antar komputer, apakah kalian ingin mengetahuinya? Silahkan membaca artikel berikut :
 

Pengertian dari Topologi Point to Point

Walaupun saya sendiri membedakan artikel yang macam-macam ke artikel topologi point to point agar tidak terjadi duplikat kata atau artikel. Jadi saya edit sebaik dan sebisanya agar baik.Topologi Point to Point sendiri adalah dasar dari penghubung antar komputer, yakni dari komputer A ke Komputer B dengan satu jaringan kabel saja. Jadi dari titik satu ke titik lainnya. Panjangannya kabel sendiri tergantung jarak dari penghubung antar dua komputer ini. Karena dianggap hanya  menghubungkan dua komputer saja, seringkali dibuang dari keberadaannya di topologi dan dianggap sebagai penghubung biasa.

Kedudukan dari dua perangkat ini adalah setingkat, dalam arti bahwa mereka  memulai dan dapat mengendalikan dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu perangkat langsung ke perangkat. Misalnya saja dari CPU A ke CPU B.

Kelebihan

  • Membutuhkan biaya pembelian maupun pemasangan kabel yang murah
  • Tidak memerlukan banyak kabel maupun kabel yang panjang, disesuaikan dengan penggunaan.
  • Setiap perangkat berperan sebagai perangkat yang setingkat.
  • Jika terjadi kerusakan dalam komputer, komputer satunya akan berperang sebagai maintenance maupun komunikasi.
  

Kekurangan

  • Seluruh jaringan akan mati bila kabel utama atau penyambung utama terputus. 
  • Sulit memperbaiki maupun mencari kerusakan yang terjadi di dalam jaringan
  • Sangat tidak mungkin di implementasikan dalam jaringan dengan banyak komputer (lebih dari dua).
  • Kadang kala tidak disebut sebagai topologi karena hanya menghubungkan dua komputer saja.
 

Kesimpulan

Walaupun tidak disebutkan sebagai topologi jaringan, namun tetaplah konsep dalam topologi jaringan tetap terpakai karena tujuan utama dari topologi adalah menghubungkan setiap komputer. Sehingga Topologi Jaringang yang paling dasar ialah topologi point to point dikarenakan hanya menghubungkan 2 komputer dengan kabel penghubung.

Sumber :
Wikipedia, adalahcara.com,  Aditya2580.wordpress.com
Sumber gambar :
www.norisanto.com

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon