Thursday, June 22, 2017

Macam-Macam Kemandirian Menurut Robert Havighurst

Suatu individu terbentuk untuk hidup secara mandiri, namun kebanyakan orang belum mengerti namanya kemandirian yang sebenarnya. kebanyakan menilai kemandirian dengan teorinya sendiri menurut pengalaman mereka. Tetapi tidak semua pengalaman itu benar dalam menilai kemandirian seseorang. Beberapa psikolog pun juga tidak serta merta satu dalam pandangan kemandirian. Namun kali ini akan membahas sekilas mengenai pandangan Robert Havighurst

Pengertian Kemandirian

Kemandirian merupakan suatu proses dimana seseorang telah menentukan suatu nasib yang dijalankan secra sendiri, misalnya suatu kreatifitas, inisiatif, mengatur suatu tingkah laku, bertanggung jawab, bahkan dapat membuat keputusan tanpa pengaruh orang lain, serta mengatasi masalahnya sendiri. Kemandirian suatu sikap yang otonom yang dapat mengatur dirinya sendiri, sehingga individu bebas dari pengaruh penilaian, pendapat, dan keyakinan orang lain. Sehingga individu dapat tanggung jawab akan dirinya sendiri. Beberapa pengertian kemandirian dapat mengandung makna :
  1. Suatu kondisi dimana seseorang remaja mempunyai hasrat dalam bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya sendiri.
  2. Bisa dan mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
  3. Memiliki kepercayaan diri dan melaksanakan tugas-tugas
  4. Bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Kemandirian Remaja
©  liputan6.com

Macam-Macam Kemandirian menurut Robert Havighurst

Robert Havighurst adalah seorang yang seorang ahli psikologi yang terkenal di Amerika. Dirinya berpendapat bahwa perkembangan kanak-kanak sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Sehingga perkembangan personal dari suatu perkembangan dipengaruhi seturut dengan nilai-nilai, norma-norma, serta budaya masyarakat dan lingkungannya. Sekaligus juga faktor biologi, sosial, dan psikologi. Sehingga pengaruh inilah yang menghasilkan perilaku setiap orang itu berbeda, bahkan kemandiriannya sekalipun.

Robert Havighurst (1972), membedakan kemandirian atas empat bentuk, yaitu :
  1. Kemandirian Emosi, yaitu kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak tergantungnya ada kebutuhan emosi pada orang lain.
  2. Kemandirian Ekonimi, yaitu kemampuan mengatur ekonimi sendiri dan tidak tergantung kebutuhan ekonomi orang lain.
  3. Kemandirian Intelektual, yaitu kemampuan untuk mengatas iberbagai masalah yang sedang dihadapi.
  4. Kemandirian sosial,yaitu kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan tidak tergantung pada aksi orang lain.

Selain itu, pentingnya kemandirian bagi seorang pelajar dapat dilihat dari situasi kompleksitas kehidupan, yaitu secara langsung dan tidak langsung memberikan pengaruh. Beberapa fenomena dan masalah terjadi saat ini menandakan keremajaan dan kemandirian pada usia remaja masih kurang dihadapi oleh pelajar. Seperti hal-hal yang berbau anarkisme. Sehingga pelajar perlu belajar secara mandiri dan agar fenomena dan permasalahan pelajar masa kini bisa teratasi dengan baik.

Kesimpulan

Belajar kemandirian dapat mengatasi remaja untuk tidak bertindak secara anarkis. Kemandirian adalah bersifat seorang individu dapat otonom mengatur hidupnya sehingga tidak terikat akan pengaruh orang lain. Namun dalam definisinya, Havighurst membedakannya menjadi empat bentuk agar pelajar dapat belajar mandiri.

Sumber :
Drs. Kustiyono, Mpd. Dkk. Tahun tidak diketahui. LKS Media Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Kelas IX Semester Ganjil. Sidoarjo:MKKS Kabupaten Sidoarjo
https://maktabahku.wordpress.com/2008/11/14/kemandirian-sebagai-kebutuhan-psikologis-pada-remaja/