Saturday, September 14, 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasi dari Kingdom Protista

Meskipun kingdom ini telah ditiadakan dalam sistem 6-7 kindom karena pembagiannya yang semakin beragam. Akan tetapi kita tidak boleh sampai langsung judge kingdom protista ini tidak ada. Alasan utamanya adalah memang satu kesatuan dari bagian dari Kingdom saat ini. Bahkan penemuan Ersnt Haeckel bersamaan dengan Richard Owen dan John Hogg.

Kingdom Protista
© rumus.co.id

Salah satu pembagian kingdom tertua setelah ditemukan monera dan protista.. Akan tetapi sebelum ditemukan monera, protista telah ditemukan terlebih dahulu. Kenapa saat ini ditiadakan dan terdapat kingdom baru lainnya? Karena memang perkembangannya apalagi PROTISTA ini, masih dikategorikan ditengah-tengah, ada yang mengatakan mirip-mirip hewan, tumbuhan, dan fungi. Tetapi terlebih dari itu ketika kita mempelajari protista akan jauh lebih menarik.

Sekilas tentang Protista

Protista sendiri ditemukan pertama kali oleh biolog Haeckel dkk dalam mengklasifikasikan kingdom dan penemuan pertama dalam kandungan makro. Sehingga menimbulkan semangat baru untuk meneliti lagi dan mengklasifikasikan terlebih lagi. Juga berkembang hingga penemuan kingdom monera, eubacteria, dan archaebacteria. Tetapi berakhir ketika penemuan baru kingdom Archezoa dan protozoa. Tetapi sumbangsih Protista dalam biologi.

Kingdom adalah salah satu dari taksonomi makhluk hidup atau suatu klasifikasi makhluk hidup yang didasarkan suatu ciri yang dapat membedakan atau yang sama yang ada dalam klasifikasi ini. Kingdom sendiri adalah tingkatan yang cukp tinggi meskipun masih dibawah domain dan kehidupan.

Pengertian Kingdom Protista

Protista adalah  salah satu kingdom yang terdiri dari uniseluler dan multiseluler yang memiliki membran inti yang organismenya awalnya ditemukan eukariot serta memiliki sel tunggal. Protista sendiri dapat menyerupai hewan maupun menyerupai tumbuhan maupun jamur.  Tetapi dipihak lain protista adalah kingdom sederhana yang sederhana dan tersusn atas satu sel sehingga dikelompokkan tersendiri ,akan tetapi beberapa terlihat multiseluler, tetapi sangat sederhana.

Ciri-Ciri Kingdom Protista

  • Eukaritik, memiliki membran inti
  • Ada yang uniseluler maupun multiseluler.
  • Alat geraknya sederhana / Bersifat motil
  • Memiliki pigmen warna pada alga
  • Hidup bebas dan koloni, serta bersimbiosis
  • Adanya autotrof dan ada juga yang heterotorof dengan menyerap atau menelan makanan.
  • Belum memiliki sistem jaringan yang jelas.
  • Habitanya sendiri umumnya di tempat lembab
  • Mempunyai ukuran yang mikroskopis maupun makrokopis artinya dapat dilihat dengan mikroskop dan bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop
Jenis-Jenis Protista
© seputarilmu.com

Klasifikasi Protista

Karena kemiripan protista dengan ketiga kingdom, maka karena kemiripan yang dimiliki akan diklasifikasikan menjadi 3, yaitu protista yang mirip denan jamur, protista yang mirip tumbuhan (alga), dan protista yang mirip heran (protozoa).

1. Protista mirip Jamur
Protista pada kali ini beberapa jenis jamur sejati.  Tetapi tidak masuk dalam fungi karena struktur tubuh serta cara reproduksi mereka berbeda.  Reproduksinya mirip dengan fungi tetapi alat geraknya pada fae egetatifnya sendiri mirip dengan protista lainnya, yakni amoeba. Meskipun tidak berklorofil dan stuktur membram jamur ini sendiri mirip ganggang. Contoh dari sini ialah Myxomycota (jamur lendir), Oomycota (jamur air), Acrasiomycota.
Menyerupai Jamur
© rumus.co.id

2. Protista mirip Tumbuhan (Algae/Alga)
Kadang kala disebut sebagai fitoplanton kadang karena protista ini sendiri mirip dengan tumbuhan yang multiselular sehingga sering disebut dengan alga. Protista fotosintetik ini sendiri tersebar di lautan dan danau-danau.
Menyerupai Tumbuhan
© rumus.co.id
Alga sendiri memiliki peran penting di dalamnya. Termasuk fitoplanton yang dilautan yang menyumbangkan sekita 70% dari semua aktivitas yang ada di muka bumi, penyerapan karbondiokida dan mengisi atmosfer dengan oksigen. Serta salah satu penyokong siklus kehidupan yagn ada dalam air. Sebagian besar filum ini terdapat Euglenophyta, Cryshophyta, Bacillariophyta (Diatomae), Pyrrophyta (Dinoflagellata), Rhodophyta, Phacophyta, dan Chlorophyta.

3. Protista mirip Hewan (protozoa)
Kali ini ada protista yang mirip atau menyerupai dengan hewan yang saat ini dikenal dengan protozoa. Protozoa yang menyerupai hewan dikenal dengan nama protozoa (protos = pertama, zoon = hewan). Protozoa sendiri dalam sistem lain dikategorikan sebagai kingdom. Tetapi sebelumnya merupakan bagian dari kingdom protista. Protozoa sendiri hidup dalam berbagai air tawar, laut, payau, dan juga hidup dalam organisme multiseluler.  (nanti akan dapat dibahas dalam kingdom protozoa)
Menyerupai Hewan
© rumus.co.id
Beberapa klasifikasi protozoa sendiri dibedakan menjadi 4 berdasarkan alat geraknya, yaitu  Kelas Rhizopoda (sarcodina), Kelas Ciliata, Kelas Flagellata, dan Kelas sporozoa

Kesimpulan

Meskipun salah satu kingdom yang benar-benar menjadi satu bagian terpenting sekaligus pelengkap dari sistem kingdom saat ini. Meskipun sudah lama berubah semenjak protozoa dan chromista menjadi kingdom tersendiri, peran protista untuk menjadi kingdom dan pelengkap sangatlah baik. Terlebih dahulu cikal bakal terbentuknya monera dan kingdom protozoa dan chrosmita juga dari akar protista juga. Sehingga kita bisa lihat pengertian dan klasifikasi dari kingdom ini sendiri.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Protista
https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-protista/
https://rumus.co.id/kingdom-protista/
https://nahason-ls.blogspot.com/2019/09/sejarah-klasifikasi-kingdom-dalam.html

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon