Saturday, September 14, 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, dan Manfaat Kingdom Animalia

Sebagai bagian dari ilmu biologi dan salah satu cabang dari pembagian kingdom. Dan salah satu kingdom tertua yang tidak pernah terbagi sampai saat ini  artikel ditulis (2019). Bahkan Kingdom Animalia tetap berdiri kokoh dalam kingdom mereka masing-masing.

Kingdom Animalia
© tutorialspoint.com
Pada bagian ini ,kita akan mempelajari salah satu kekayaan yang Tuhan berikan di bumi ini. Yakni Kingdom Animalia. Kingdom Animalia atau sering disebut sebagai kingdom Hewan adalah salah satu cabang tertua dari klasifikasi kingdom yang susah untuk diubah. Hal ini terlihat bagaimana Kingdom ini dituliskan dalam filsafat Aritototeles mengenai ini dan penelitian sendiri lebih banyak menemukan suatu kingdom yang berasal dari pembagian plantae. Langsung saja kita akan membahas Kingdom Animalia ini.

Sekilas Kingdom Animalia

Klasifikasi adalah salah satu cara untuk memisahkan atau mengelompokan suatu bagian. Dalam biologi sendiri mempunyai arti memisahkan dan mengelompokan spesies dari satu dengan lainnya yang ditinjau dari perbedaan maupun kesamaan yang terdapat di dalamnya. Dalam hal ini, Kingdom adalah salah satu usaha untuk mengklasifikasikan makhluk hidup.

Kingdom adalah salah satu taksonomi atau klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri yang membedakan maupun mempersamakan yang ada dari klasifikasi. Kingdom adalah suatu tingkatan yang sangat tinggi dan atas dari suatu klasifikasi makhluk hidup. meskipun mash dibawah Domain dan kehidupan.

Salah satu bagian kingdom tertua yang adalah Kingdom Animalia atau Kingdom Hewan. Kingdom Hewan atau Animalia ini sendiri sendiri berbicara berbagai klasifikasi makhluk hidup yang merupakan hewan hidup. Sehingga pemisah antara tumbuhan dan hewan terdapatnya kingdom hewan ini. Salah satuy adalah tidak memiliki sel kloroplas dan tidak dapat membuat makanannya sendiri.

Kingdom Animalia sendiri sebelumnya telah ditemukan oleh Aristoteles dalam berfilsafat mengenai alam. Akan tetapi terlebih lanjut ditemuka oleh Carolus Linnaeus tahun 1735 dalam membagi organimse selain manusia ke dalam 2 kingdom. Namun tidak memiliki perubahan dan tetap eksis sampai sekarang.

Kingdom ANimalia adalah salah satu pembagian organisme. Organisme ini snediri tidak memiliki dinding sel dan bergantung pada organisme lain untuk memperoleh makanan. Organisme ini sendiri dalam suatu golongan eukariota. Bisa dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki oleh Animalia.

Ciri-Ciri Kingdom Animalia 

Kingdom Animalia sendiri memiliki ciri-ciri yang bereda dari tumbuhan. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh Kingdom Animalia.
  • Kingdom Animalia sendiri tidak memliki dinding sel dan kloroplas. 
  • Organisme yang memiliki banyak sel atau uniseluler (Sebab ada yang memiliki sel satu).
  • Organisme yang tidak dapat memproduksi makanan sendiri (Heterotrof)
  • Kingdom ini sendiri memerlukan suatu oksigen atau gas / zat untuk bernapas
  • Tergolong dalam organisme eukariota
  • Memiiliki banyak sel otot untuk bergerakan.
  • Memiliki suatu sel saraf untuk merespon.
  • Bentuk dari dewasanya ini sendiri disebut diploid (2n)
  • Reproduksi umumnya seksual, tetapi beberapa filum bisa aseksual.
  • Ukuran dari organisme ini sendiri sangat bervariasi.

Klasifikasi Kingdom Animalia

Dalam kingdom Animalia sendiri dapat diklasifikasi terlebih lagi. Klasifikasi ini sendiri didasarkan hewan-hewan yang memiliki tulang berlakang. Kelompok yang tidak memiliki tulang belakang disebut invertebrata sebaliknya yang memiliki tulang belakang ialah vertebrata.
Invertebrata dan verebrata
© gurupendidikan.co.id

1. Invertebrata

Invetebrata adalah salah satu subfilum yang memiliki organisme yang tidak memiliki tulang Belakang. Beberapa filum yang terdapat ialah Porifera, Coelenterata, Plathyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda dan Echinodermata.

a. Porifera (hewan berpori/spons)
Porifera sendiri merupakan hewan yang memiliki jaringan multi seluler dan tubuhnya yang berpori-pori. Beberapa porifera sendiri digolongkan menjadi 3 bagian lagi berdasarkan rangka yang tersusun padanya, yaitu Hexactinellida, Demospongiae, dan Calcaera. (Tunggu artikel lebih lengkap).

b. Coelenterata (Hewan Berongga)
Hewan ini sendiri terbentuk dari multiseluler diploblastik yang tubuhnya sendiri terbentuk dari jaringan yang berbentuk polip atua medusa. Dalam organ inipun terdapat tentakel berpenyegat yang dapat menjadi perlindungan baginya, memiliki rongga pencernaan dan sarafnya sederhana dan tidak ada sistem pengeluaran atau ekskresi. Hewan ini sendiri dibedakna dalam 3 kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa.

c. Mollusca ( Hewan Lunak )
Hewan ini sendiri berlapis pada tubuhya yaitu triploblastik selomata dengan bentuk simetri bilateral, tubuhnya sendiri lunak dan hidup bebas dalam laut, tawar, maupun darat. Dalam filum ini sendiri terbagi lagi menjadi 3, yaitu Gastropoda, Pelecypoda dan Cephalopoda.

d. Arthropoda ( hewan kaki beruas)
Hewan ini sendiri berlapis triploblastik selomata dengan tubuh yang simetri bilateral, memiliki kaki dan tubuh yang beruas. Kehidupannya sendiri di berbgai habitt secara bebas. Memiliki simbiosis baik parasit, komensal, dan simbiotik. Dibedakan jadi 4 kelas yang didasarkan pada struktur tubuh dan kaki yaitu Myriapoda, Crustacea, Arachnoidea, dan Insecta.

e. Echinodermata (Hewan berkulit duri)
Hwan ini sendiri berlapis triploblastik selomata dengan tubuh simetri bilateral, permukaan tubuhnya sendiri berduri dan hidup di dalm dasar laut. Dibedakan jadi 5 kelas yaitu Echinoidea, Holothuroidea, Asteroidea, Ophiuroidea, dan Crinoidea.

f. Plathyhelminthes (Cacing pipih)
Salah satu filum yang organisme berbentuk cacing (memang ya ini cancing). Hewan ini sendiri bercirikan tripolastik aselomata(salah satu lapisan hewan) yang berbentuk tubuh simetri bilateral yang berbentuk pipih. Memiliki sistem syaraf, penceranaan dalam satu lubng dan tidak memiliki sistem pernapasan, akan tetapi bisa berekresi. Klifikasi dari kingdom ini sendiri terdapat 3, yaitu Turbellaria, Trematoda dan Cestoda.

g. Nemathelminthes (Cacing Benang)
Salah satu hewan yang memiliki lapisan berupa triploblastik pseuduselomata. Tubuhnya sendiri berbentuk simetri ilateral yang bentuknya bulat panjang dilapisi kultikula. Sistem organ yang terdapat padanya adalah sistem pencernaan yang lengkap, sistem pernapasan oleh cairan pseudoselom, akan tetapi tidak memiliki sistem respirasi dan ekskresi. Dalam kingdom ini sendiri terdapat berapa contoh, yaitu cacing tambang, cacing gelang, cacing kremi, cacing filarial, dan cacing trichinella.

h. Annelida (Cacing Gelang)
Hewan yang memiliki lapisan triploblastik selomata, tubuh yang simetri bilateral dan bersegmen. Memiliki sistem pencernaan lengkap dan sistem sikulasi. Sistem saraf tangga, serta memiliki sistem eksresi. Tidak memiliki sistem respirasi, hemafrodit, dan gonokoris. Filum ini sendiri dibedakan dalam 3 kelas, yaitu Polychaeta, Oligochaeta dan Hirudinea.

2. Vertebrata

Vetebrata adalah salah satu subfilum yang memiliki organisme yang memiliki tulang Belakang. Tulang ini sendiri memanjang pada bagian dorsal atau punggu kepala hingga ekor. Terbagi dalam bebrapa kelas dan filum yakni : Cyclostomata, Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, Mammalia.

a. Kelas Agnatha (Cyclostomata / Hewan bermulut lingkar)
Salah satu hewan bermulut lingkar yang hidup air tetapi tidak bisa dikatakan sebagai ikan. Alasan utamanya adalah Agnatha sendiri tidak berahang, siripnya tidak berpasangan, dan tangka tubuhnya tersusun dari tulang rawan. Jantungnya sendiri terdapat 2 ruang. Contohnya adalah belut laut dan ikan hantu / hagfish.

b. Pisces (Ikan)
Kelas pisces ini sendiri merupakan kelompok hewan yang hidup dalam air. bagian luarya sendiri dilindungi oleh eksoskelton yang berupa sisik. Bernapas dengan insang yang pada tubuhnya.  Serta hewan berdarah dingin yang dapat menyeuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air tempat hidupnya.

c. Amphibi / Amfibi
Hewan yang dapat hidup di darat atau air. Amfibian sendiri bernapas melalui paru-paru dan kulitnya. Amfibi sendiri hidup didarat harus menemukan air untuk bertelur. Larva amfibi disebut kecebong. Kecebong mirip dengan ikan kecil dan hidup di air dan pada masa ini kecebong bernapas dengan insang dan akhirnya menjdi hewan dewasa yang hidup di darat. 

d. Reptilia  (hewan dengan empat tungkai) 
Hewan vertebrata pertama yang beradaptai di daerah kering. Berifat autotomi dan dapat memutuskan tubuh tertentu dalm keadaan bahaya. Contohnya adalah ular, buaya, kadal, kura-kura, dan alligator.

e. Aves (Burung)
Memiliki bulu yang menutupi seluruh permukaan tubuh. Bulu burung terbagi atas filoplumae(Sensoris), plumulae(isolator), dan plumae(terbang). Burung sendiri hewan homiterm(berdarah panas). dan Burung memiliki Saccus pneumaticus(kantung hawan) yang fungsinya rspirasi terbang, mengatur berang badan dan memperkeras suara serta membungkus organ agar tidak kedinginan saat terbang. terlebih lagi dalam aves ini terdapat 27 ordo. Contoh dari burung adalah Elang, penguin, bebek.

f. Mamalia (Binatang Menyusui)
Kelas dalam mamalia sendiri salah satu kelas yang memiliki suatu kelenjar susu (mammae gland) serta rambut yang menutupi seluruh tubuh. Terbagi menjadi dua, yaitu mamalia bertelur, mamalua berkantung, mamalia berplasenta yang bersifat vivipar. Klasifikasi mamalia sendiri terbagi menjadi beberapa ordo. Sekitar 13 ord

Manfaat Kingdom Animalia

Dari sekilas besar saya mengungkapkan kingdom Animalia. Pasti akan mengarah pada manfaat dari kingdom Animalia. Bisa jadi kita lupa melihat salah satu bagian ini sehingga hanya sekilas kita mengenal animalia sebagai hewan semata.

1. Sebagai bahan pangan
Salah satu hal terpenting adalah Hewan bisa dijadikan bahan pangan. Jika kita mengolah hewan dengan baik, maka kita dapat memasaknya dan menjadikan maknaan yang sedap bagi kita.

2. Sebagai ekonomi
Dalam bidang ekonomi, kita dapat menjual dari daging hewan maupun menjual hewan yang ada. baik kita olah terlebih dahulu, maupun yang masih hidup yang akan jual.

3. Sebagai Pengobatan
Beberapa hewan dipercayai atau memiliki manfaat sebagai pengobatan. Meskipun

4. Sebagai Penghilang Stress/Hiburan
Beberapa jenis hewan seperti aves dapat dipakai untuk menghias, khususnya juga ikan hias dan juga beberapa jenis mamalia seperti kucing dan anjing cocok untuk penghilang stress.

5. Sebagai Pembersih
Beberapa jenis serangga memang terlihat mengganggu pada saat makanan jatuh maupun kerumunan semut. Akan tetapi mereka sedang mencari makan dan terlebih lagi juga membersihkan makanan yang ada disekitar.

6. Penghasil Bahan Baku/Mentah
Salah satu kemujaraban kingdom animalia secara tidak langung adalah menghasilkan suatu bahan baku industri maupun bahan mentah yang dapat dikelola terlebih lagi.

Kesimpulan

Sebagai bagian dari klasifikasi makhluk hidup. Maka diperlukan pembagian makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri pembeda dan persamaan tertentu. Salah satunya adalah kingdom animalia yag bisa disebut sbagai kingdom hewan. Dimana dalam kingdom ini sendiri akan berbicara lebih banyak kepada hewan ketimbang tumbuhan dan lain-lain. Tetapi terlebih dari itu terdapat ciri-ciri khusus yang membedakan antara hewan dengan makhluk lain. yaitu memiliki multiselular, tidak dapat membangun makanan sendiri, dan juga organisme eukariota. terlebih dari itu terdapat pembagian dan klasifikasi jauh lebih banyak lagi. Tetapi kita perlu melihat adanya manfaat dari kingdom animalia ini.

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon