Sunday, September 8, 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, dan Manfaat Kingdom Plantae

Salah satu pembagian kingdom tertua yang ada dalam biologi. Kali ini akan mengulas salah satu bagian terpenting dan bagian awal yang ada dalam dunia ini sebelum penelitian kingdom lainnya terbentuk. Hal ini adalah salah satu bagian yang terunik karena akan membahas secara sederhana mengenai Kingdom Planta atau kingdom yang membahas mengenai Tumbuhan.

Tumbuhan atau kingdom Plantae
© boombastis.com
Sebelum mengenal lebih lanjut dalam stuktur pembahasan ini akan lebih sederhana. Alasan utamanya agar kita mengenal secara garis besar mengenai kingdom Plantae. Entah mengenai pengertian sederhana mapun ciri khas utama dari Kingdom ini. Berikut penjelasannya.

Sekilas Kingdom Plantae

Klasifikasi adalah sangat peting untuk memisahkan antara suatu bagian spesies atau jenis diklasifikasikan pada jenis yang sama dan mengelompokan pada suatu kelompo yang sama serta  mengkategorikannya. Dalam hal ini kingdom adalah salah satu usaha klasifikasi tersebut.

Kingdom adalah salah satu taksonomi atau klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri yang membedakan maupun mempersamakan yang ada dari klasifikasi. Kingdom adalah suatu tingkatan yang sangat tinggi dan atas dari suatu klasifikasi makhluk hidup. meskipun mash dibawah Domain dan kehidupan.

Kingdom Plantae atau sering disebut Kingdom tumbuhan adalah salah satu bagian dari filsafat Artoteles bersamaan dengan muridnya Theopharatus dalam mengamati sekitar. Aritoteles (384 SM - 322 SM) mengelompokkan hewan dalam buku Sejarah Hewan dan muridnya sendiri Theophrastus (371-287 SM) bersamaan juga menuliskan tentang klasifikasi tumbuhan.

Kingdom Plantae sendiri ditemukan oleh Carolus Linnaeus yang membaginya dalam dua kingdom. Yakni Kingdom Vegetabile / Plantae (tumbuhan) dan Kingdom Animalia (Hewan). Meskipun kuno. Tetapi cukup membangun pengetahuan jaman itu. Bahkan merupakan satu-satunya makhluk yang awal ada penciptaan bumi dan sangat berarti bagi manusia.

Pengertian Kingdom Plantae 

Kingdom Plantae atau sering disebut Kingdom Tumbuhan adalah salah satu makhluk yang diklasifikasikan sekelompok dengan tumbuhan. Beberapa pengertian menyebutkan organisme ini meiliki eukariotik multiseluler yang mengandung klorofil serta dinding sel. Klorofil yang kita kenal sebagai zat hijau dipakai untuk fotosintesis. Sehingga karena kemampuan fotosintesisnya. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dan memiliki sifat autotrof. Hal inilah yang membedakan antara Tumbuhan dan hewan.

Ciri-Ciri Kingdom Plantae

Ciri-Ciri Kingdom Plantae yang membedakan dengan kingdom Fungi maupun alga.
  • Sifatnya Autotrof, yakni menghasilkan makanan sendiri dalam cara fotosistesis.
  • Memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa
  • Eukariotk
  • Bersifat Multiseluler
  • berklorofil yang berfungsi fotosintess
  • Cadangan makanan yang berbentuk amilum
  • Berproduksi secara aseksual maupun seksual
  • Hidup di perairan atau daratan.
  • mengalami pergiliran keturunan dalam siklus hidupnya.

Sedangkan Kingdom Plantae meiliki ciri lain yaitu :
  • Mempunyai organ serta sistem organ
  • Mempunyai akar yang memperkokoh tumbuhan dan meyerah air
  • Daun yang dipakai untuk mengumpulkan sinar matahari untuk menghasilkan glukosa.
  • Mempunyai bunga sebagai alat reproduksi secara seksual.


Dalam Pembatasan Kingdom Plantae 

Sangat ditegaskan untuk membatasi kingdom Plantae dengan kingdom lainya adalah mempunyai ciri-ciri yang dapat melakukan fotosintesis, menghasilkan selulosa, dan multiseluler. Akan tetapi perlu diingat kenapa Fungi tidak masuk karena tidak bisa melakukan fotosintesis. Selain itu ditempatkan pada kingdom tersendiri.

Klasifikasi dan Jenis kingdom Plantae

Dalam kingdom plantae sendiri terbagi lagi menjadi 3 divisi kecil lagi. Yaitu pterydophyta (tumbuhan paku), Bryophyta (tumbuhan lumut), dan spermatophyta (tumbuhan berbiji).

1. Pteridophyta (Tumbuhan Paku)

Pteridophyta sendiri memiliki sistem jaringan pengakut dan organ sejati. Bereproduksi secara aseksual dengan spora. Serta mengalami metagenesis. Tumbuhan ini sendiri meiliki batang, akar, dan daun.
Tumbuhan Paku
© rumus.co.id

2. Bryophyta (tumbuhan Lumut)

Byophyta tidak memunyai organ sejati dan tidak mempunyai pembuluh xilem atau floem. Byophyta sendri adalah suatu rhizoid kecil yang tempel pada tanah. Tumbuh didaeah lembab dan teduh. Tumbuhan lumut adalah peralihan Tumbuhan yang berkormus dengan tumbuhan bertalus serta mengalami metagenesis / pergiliran keturunan.
Tumbuhan Lumut
© rumusrumus.com

3. Spermatophyta (tumbuhan berbiji)

Spermatophyta sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu "sperma" yang berarti biji dan "phyton' yang berarti tumbuhan. Biji sendiri merupakan hasil dari pembuahan antara serbuk sari dengan putik di bunga serta akan menjadi suatu cikal bakal dari individu baru. Selayaknya anda mempelajari sedikit mengenai reproduksi.

Manfaat secara umum dari Kingdom Plantae

Saat awal dari manusia hadir, Kingdom Plantae sendiri memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu sebagai pangan dari mahkluk hidup. Khususnya manusia dan hewan. Tetapi seiring perkembangan yang ada. Plantae semakin banyak dimanfaatkan secara luar biasa oleh Manusia. Tuhan telah memberikan manfaat masing-masing dan manusia mencari manfaat tersebut dalam kehidupannya. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Untuk Bahan Pangan dan Makanan

Secara keseluruhan, baik sayuran maupun buah-buahan sangat penting untuk pangan dan makanan bagi makhluk hidup. Tetapi kadang kala dalam pengolahan bahan metah dari alam. Perlu pengelolaan lebih lanjut dari yang dikelola. 

2. Sebagai Sandang

Contoh paling sederhana adalah tumbuhan rami yang dipakai untuk pakaian. Serta beberapa tumbuhan kapas.

3. Sebagai Papan

Salah satu yang sering dipakai adalah batang pohon yang kuat. Seperti Jati maupun rotan yang sering dipakai dalam industri funiture. Serta beberapa hal yang dipakai juga.

4. Sebagai Obat-Obatan

Beberapa kingdom plantae kadang dipakai untuk obat-obatan. Misalnya saja beberapa tumuhan seperti ekstrak Ginkgo. Pohon Jamu, maupun yang lainnya.

5. Sebagai Penghias

Beberapa kingdom plantae sendiri juga dimanfaatkan sebagai penghias. Misalnya anggrek, mawar, maupun tumbuhan matahari.

6. Bernilai Ekonomis

Beberapa bagian dari plantae sendiri dapat dijual untuk menghasilkan uang maupun ekonomi. Misalnya jual tanaman hias maupun hasil funiture.

7. Bidang Industri

Beberapa dipakai untuk bidang industri maupun hal-hal sebagainya. Misalnya sabun, karet, cat wax, tanin, maupun sampoo dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sebagai Kingdom yang sangat penting dan kingdom pertama dalam biologi dan merupakan unsur pertama juga dalam penciptaan. Tumbuhan memberikan peranan yang baik untuk kehidupan. Meskipun dalam perkembangan kingdom akan mengenal lebih banyak kingdom. Akan tetapi semua didasarkan pada Tumbuhan dan kingdom plantae ini. Sehingga sangat baik untuk kita mempelajari dua kingdom yang mendasar terlebih dahulu.

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon