Wednesday, February 12, 2020

20 Jenis Bilangan yang Terdapat pada Matematika

Setelah kita sudah cukup memahami apakah pengertian dan jenis-jenis bilangan yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit merinkas jenis-jenis bilangan yang ada dalam matematika terlebih bilangan yang sering kita ketahui dalam berbagai aspek. Tetapi dalam hal inilah juga adalah yang penting untuk mengerti bagaimana bilangan itu terbentuk.
Jenis-Jenis Bilangan
Ilustrasi
© https://laelitm.com/macam-macam-bilangan/
Kesempatan kali ini, artikel ini akan mencoba untuk memberikan jenis-jenis bilangan yang dapat kita ketahui dari matematika. Dimana jenis-jenis bilangan ini sangat penting untuk kita memahami bagaimana matematika itu terbentuk. Baik dari segi bentuk maupun kegunaan setiap dalam operasi hitung matematika. 

Pengertian Bilangan

Bilangan adalah suatu konsep yang ada dalam matematika (bahkan juga selain matematika) yang digunakan dalam pencacahan maupun pengukuran. Dalam konsep hal ini, simbol maupun lambang digunakan untuk mewakili suatu bilangan. Mewakili suatu bilangan sendiri dapat digunakan dengan angka maupun lambang bilangan.

Jenis-Jenis Bilangan

Dalam hal ini bilangan memiliki keanekaragaman maupun berbagai jenis bilangan. Namun dalam daftar ini sesuai judulnya bahwa ada 20 jenis bilangan. Tetapi pada dasarnya jika kita turunkan dari suatu bilangan kompleks. Bilangan kompleks menurunkan berbagai jenis bilangan. Tetapi pada hakekatnya juga beberapa jenis bilangan sederhana sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada dalam setiap persoalan matematika.

Berikut jenis-jenis Bilangan :

1. Bilangan Asli

Bilangan asli adalah bilangan yang dimulai dari angka satu keatas serta bilangan bulat positif. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa Bilangan asli merupakan gabungan bilangan satu dan bilangan positif. Contoh :
N = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ... }

2. Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah bilangan yang dihimpun dari bilangan bulat negatif, bilangan nol, dan bilangan bulat positif. Sehingga Bilangan bulat adalah gabungan dari ketiga bilangan diatas.
 B = {…., -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4,…..}

3. Bilangan Cacah 

Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari angka nol ke bilangan bulat positif. Sehingga dapat dikatakan bilangan yang merupakan gabungan dari bilangan nol dengan bilangan bulat positif.
Contohnya  C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8,….}

4. Bilangan Prima

Bilangan Prima adalah bilangan yang tidak bisa dibagi lagi oleh bilangan itu selaind dari angka satu dan bilangan itu sendiri. Syarat Bilangan Prima adalah memiliki 2 kali pembagian, yakni bilangan 1 dan bilangan itu. Bilangan 1 bukanlah bilangan prima karena memiliki 1 kali pembagian.
Contohnya: P = {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, …..}

5. Bilangan Nol

Bilangan nol adalah bilangan nol itu sendiri. Contoh N = 0

6. Bilangan Pecahan

Bilangan yang dinyatakan dalam suatu bentuk pecahan. Bentuk pecahan sendiri dapat dibentuk dari a/b. Dimana a dan b haruslah bilangan bulat, dan b  ≠ 0. Dalam hal ini, a disebut sebagai pembilang dan b disebut sebagai penyebut. 

Contohnya H = { 1/2, 3/5, 8/9, ...}
Keterangan: 8/4 = 2, berarti 8/4 bukan bilangan pecahan.

7. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a dan b merupakan bilangan bulat dengan b ≠ 0.
Contohnya R = {1/2, 2/3, 4/5, 6/7, 2/2, 4/2,  ...}

Jika kita melihat akar dari bilangan, Bilangan rasional sendiri dapat meliputi : bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah, bilangan prima, bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, bilangan cacah, bilangan ganjil, dan bilangan genap.

8. Bilangan Irrasional

Bilangan irrasional adalah bilangan yang himpunan dari bilangannya tidak dapat dinyatakan langsung dalam bentuk pecahan maupun dalam bentuk bilangan rasional.
Contohnya adalah I = { √2, √3, √5, √6, √7, ... }

pengecualitan √9 = 3  atau  √4 = 2 bukanlah bilangan irrasional karena dapat dibuktikan nilainya

9. Bilangan Real

Bilangan real adalah bilangan yang merupakan gabungan dari bilangan rasional dan bilangan irrasional. Sehingga merupakan dasar dari bilangan rasional dan bilangan irrasional.
Contoh :  R = {0, 1, 1/4 , 2/3,  √6, √7, .... }

Jenis-Jenis Bilangan dalam Matematika
© pelajaran.co.id

10. Bilangan Negatif

Bilangan negatif adalah bilangan yang isinya sendiri bernilai negatif sehingga sering adanya tanda "-". Sehingga dengan tanda ini dapat diindikasikan adalah bilangan negatif.
Contoh :  N = { - 2, - 4, - 6, -1/2, -3/4, -4/7, ....}

Keteranan
-1/-6 = 1/6 bukanlah bilangan negatif.


11. Bilangan Positif

Bilangan positif adalah bilangan yang selalu bernilai positif dan selain bilangan nol. Mirip seperti bulat positif tetapi pada hal ini. Nilai dari bilangan tersebut adalah positif.
Contohnya :  P { 1, 2, 3, 4, 5, 1/2, 2/4, 4/5, 7/9, ...}


12. Bilangan Genap

Bilangan Genap adalah sejumlah bilangan yang akan habis dibagi "2". Sehingga dalam bilangan tersebut pembagian akan habis tidak bersisa. Misalnya :
14/ 2 = 7 (tanpa tersisah). Kalau yang tersisah adalah ganjil, Misalnya 19/2 = 9 sisa 1.
Contohnya : Ge = {2, 4, 6, 10, 12, 14, ... }


13. Bilangan Ganjil

Kebalikan dair bilangan genap. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi 2, maka dalam bilangan tersebut akan tersisah 1. Dan akan selalu tersisah satu. Serta dalam hubungannya dapat dituliskan dalam (2n - 1). dengan n sebagai nilai dari bilangan bulat itu sendiri.
Contohnya Ga = {1, 3, 5, 7,  9,  11,  ...}


14. Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah bilangan yang merupakan kebalikan dari bilangan prima. Sehingga jika di bilangan Prima maka menghasilkan 2 fakor. Namun dalam bilangan komposisi sendiri menghasilkan banyak faktor yang merupakan pembagi dari bilangan tersebut.
Misalnya Prima : 5 = 1,5 (ada 2), Tetapi Komposit : 10 = 1, 2, 5, 10 (ada 4)
Contoh : K = {4, 6, 8, 9, 10, 12, 14, ...}


15. Bilangan Riil

Bilangan Rill adalah bilangan yang dapat ditulis nilai dari bentuk desimalnya. Sehingga kita dapat mendapatkan suatu hasil nilai dari bilangan tersebut. Bilangan rasional adalah bilangan yang masuk dalam kategori bilangan rill.
Contoh : L = { 1,023920 , 5/9 , log 10, 1,2 , 10,0001, ...}


16. Bilangan Imajiner

Lawan dari bialngan Rill adalah bilangan imajiner. Bilangan imajiner sendiir dapat dikatakan bilangan imajinasi yang mendapatkan satuan i (satuan imajiner). Sehingga lambang dari bilangan ini adalah i dan sifat dari bilangan imajiner adlaha bilangan baru. Dapat dinyatakan dalam i^2 - 1. Contohnya : I = {i , 4i, 10i, 15i, 16i, ...}


17. Bilangan Kompleks

Pengertian dari bilangan kompleks adalah bilangan yang anggota-anggotanya merupakan bilangan Rill dan juga bilangan imajiner. Dengan anggotanya a + bi. Dengan a dan b adalah Bilangan Rill. sedangkan i^2 = -1 adalah imajiner. Dengan kata lain bahwa a adalah bagian rill. sedangkan bi adalah bagian dari imajiner.
Contohnya. K = { 2- 3i, 10 + 11i, ...}


18. Bilangan Kuadrat

Bilangan kuadrat adalah bilangan yang dihasilkan dari perkalian dari suatu bilangan itu dengan bilangan itu sendiri. Sehingga dapat dihasilkan sebanyak-banyak mungkin dilakukan perkalian 2 kali dengan simbol pangkat ^2.
Contohnya K = {2^2, 3^2, 4^2, 5^2, 7^2, ...}


19. Bilangan Kubik

Sama halnya dengan bilangan kuadrat diatas. Bilangan ini adalah bilangan yang dihasilkan dari suatu perkalian 3 kali dari bilangan yang ada diatas. Sehingga dalam hal ini, bilangan itu dikalikan sebanyak 3 kali dengan syarat minimal 3 kali perkalian. Dengan pangkat ^3.
Contohnya : K = {2^3, 3^3, 4^3, 5^3, 7^3, ...}


20. Bilangan Romawi

Dalam hal ini adalah suatu bilangan romawi yang diwarisi dari romawi kuno yang telah membentuk suatu angka dan urutan numberik di dalamnya dengan huruf latin. Contoh :
M = {I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, XI, X, XI,…..}

Kesimpulan

Diatas merupakan jenis-jenis bilangan yang sering dipakai pada umumnya dalam penggunaan hidup ini. Bahkan sering dipakai dalam matematika maupun pelajaran yang lain yang menggunakan bilangan. Bahkan dalam jenis-jenis bilangan ini adalah bilangan yang penting dalam operasi hitung matematika.

Sumber  :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan Diakses pada 12 Febuari 2020 pukul 20.33
  2. https://www.pelajaran.co.id/2017/14/pengertian-bilangan-macam-macam-bilangan-dan-contohnya.html Diakses pada 12 Febuari 2020 pukul 20.33
  3. https://duniamatematika.com/materi-matematika/materi-matematika-jenis-jenis-bilangan-dan-contohnya/ Diakses pada 12 Febuari 2020 pukul 20.33

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon