Monday, May 25, 2020

Poin-Poin penting dalam Buku Sebuah Seni Bersikap Bodoh Amat karya Mark Manson

Menjadi seorang bodoh amat yang bener. Banyak diantara kita yang menjadi seorang bodoh amat ketika kita berdebat, terganggu, dan egois. Itu yang sering menjadi kegiatan yang dilakukan oleh anak muda saat ini. Mereka mendefinisikan bodoh amat adalah tidak peduli apa yang kita katakan. Bisa dibilang acuh tak acuh. Misalnya jika kita memberikan nasehat kepada yang cukup benar. Namun yang terjadi adalah mereka mengatakan "bodoh amat masa gua peduli ama lu". Itu adalah kebiasaan lazim yang terjadi. Tetapi apakah benar demikian?

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat
Buku Mark Manson
© Gramedia / Grasindo
Pernahkah mencari buku yang membahas Bodoh amat? Mungkin sebagian besar akan langsung mengarahkan pada buku yang dibangun oleh Mark Masson, yakni Sebuah Seni untuk Bersikap Bodoh Amat. Salah satu mahakarya sang Mark Masson ketika mengindetifikasi makna Masa Bodoh kehidupan remaja.

Mungkin kita pernah membaca review-review buku dari Mark Mason, mulai dari gramedia, channel video satu persen, hingga blog ini sendiri dalam menilai arti Masa Bodoh ala Mark Masson. Namun apakah yang penting dibawakan dalam buku Masa Bodoh ala Mark Masson? 

Poin-Poin Masa Bodoh!

Menjadi orang Masa Bodoh ala Mark adalah salah satu yang menarik untuk kita miliki. Pernahkah ketika kita produktif tetapi apa yang kita produksi adalah salah? Atau ketika kita menjadi orang yang telah benar tetapi sebenarnya hal tersebut salah. Lalu Masa Bodoh ala Mark Manson itu apa? Poin-poin apakah yang ada dalam seni untuk bermasa Bodoh yang bener?
Berikut poin-poin dari Masa Bodoh :

1. Mengerti Pengertian Masa Bodoh

Pernahkah membayangkan apakah itu Masa Bodoh? apakah itu arti dari "gua tidak peduli" atau mungkin "gua sendiri gk suka lu". Apakah yang menjadi perbedaan antara Masa Bodoh pengertian gua atau seirama dengan Mark Manson?

Agak berbeda dengan Mark Manson, sebenarnya Mark Manson sendiri memberikan pengertian Masa Bodoh ialah :
"Masa Bodoh atau Bodo amat artinya memandang tanpa gentar tantangan yang paling menakutkan dan sulit dalam kehidupan dan mau mengambil suatu tindakan."

Jadi sebenarnya Masa Bodoh sendiri bukanlah hal yang bener kita lakuin. Bahkan sebenarnya Mark Manson sendiri lebih memberikan tanpa kekuaan yang tanpa gentar untuk menghadapi tantangan yang benar. Tantangan ini sendiri berbicara bagaimana kita sendiri terlalu banyak terganggu dengan orang-orang yang mengganggu produktivitas kita.
Mengilangkan dan Masa Bodoh dengan
hal-hal yang mengganggumu
© Youtube /  Free Stock Footage 4K

2. Sebenarnya Kalian adalah Tidak Istimewa

Sebenarnya adalah kebahagiaan dan ketistimewaan adalah yang salah. Bahkan jikalau kita terlalu menganggap diri kita istimewa. 

Menyakinkan diri kita sebagai makhluk yang spesial, merupakan sebuah strategi yang gagal. Ini hanya membuat Anda "tinggi / nge-fly." Tapi, itu bukan kebahagiaan. - Mark Manson Hlm. 55
Hidup kita memang tiada istimewa?
© Youtube /  Free HD Stock Footage
Kita sebagian besar merasa bahwa kita adalah orang spesial. Namun sebenarnya kita terlalu berada dalam keistimewaan ini. Istimewa dalam hal hidu kita terlalu banyak mengarah pada enak-enak. Fokus hasil namun tidak proses. kita terlalu membayangkan hidup enak tetapi belum melewati proses yang menyakitkan ini.

3. Carilah Nilai-Nilai Penting dalam Hidup Lo

Ketika kita bersikap masa bodoh, maka kita perlu memikirkan nilai-nilai penting yang penting bagi kita jalani di kehidupan kita. Masa kita Masa Bodoh pada peduli sosial, masa kita Masa bodoh terhadap hal-hal yang sebenarnya nilai tersebut penting. Untuk hal tersebut sebenarnya kita perlu MEMBUANG nilai-nilai yang menyangkut :
  • Kesenangan,
  • Kenikmatan,
  • Kesuksesan material,
  • Selalu benar,
  • Tetap positif
Kerja sama itu penting
©  
Youtube / Free Stock Footage 4K
Namun untuk menggantikan dan mencari nilai-nilai value hidup kita. Maka kita perlu mencari 3 nilai penting yang ada. Yaitu : kenyataan, membangun secara sosial, dan segera dan dapat dikendalikan. 3 Nilai ini harus kita pertimbangan untuk menjadi orang Masa Bodoh yang bener.

4. Tetaplah Berproduktivitas (Proses)

Tetaplah dalam produktivitas itulah yang diinginkan oleh sang Mark Manson ketika membaca bukunya. Produktivitas dalam Masa Bodoh untuk menjadi sukses dengan melewati beberapa proses yang berat. Itulah yang menjadi poin penting untuk menjadi orang sukses dengan menikmati kesakitan di dalam prosesnya.
Meningkatkan Produktivitas..
Proses didalam kita memang memiliki kesakitan dalam kehidupan untuk menggapai sukses. Bahkan Masa Bodoh mungkin caranya untuk kita mempertahankan produktivitas kita di jaman porstmodern ini. Meskipun mungkin ini sendiri sangat susah.

5. Hidup itu Singkat

Satu poin penting di dalam buku akhir dalam bab buku Seni Bersikap Masa Bodoh dari Mark Manson adalah menjelaskan nilai yang akan dihadapi setiap orang pada umumnya. Takdir di dalam hidup itu ada dua, antara hidup dengan mati. Maka setelah kita hidup, pasti kehidupan singkat maka oleh sebab itu persiapkan waktu. Gunakan waktumu untuk menjadi orang yang Masa Bodoh

Bahkan dalam poin ini, kita diharuskan untuk mencari benda-benda keabadian. Misalnya jika seorang plato yang hidupnya singkat dalam filosofi mereka, maka ia dapat bikin buku-bukunya yang sampai sekarang dipakai. John Calvin yang hidupnya hampir 60, namun banyak sekali buku-buku tafsiran-tafsiran maupun mengenai hal kekristenan dan etika calvinis yang menjadi pengaruh besar di dunia. Oleh sebab itu BIKINLAH BENDA-BENDA KEABADIAN. Mungkin mereka akan mengingatmu suatu saat lagi dari benda-Benda keabadian.

Kesimpulan

Meskipun agak-agak mirip dengan review buku ini. Namun ada 5 poin yang penting perlu diperhatikan dalam buku ini sendiri, yaitu Mengerti Pengetian Masa Bodoh itu, Sebenarnya kita sendiri tidak istimewa, pikirkanlah nilai-nilai yang penting perlu dikerjakan, maupun tetap berproduktivitas dan pikirkan bahwa hidup kita sendiri singkat.

Apakah yang kalian mengerti ini? Apakah kalian bisa menerapkan poin-poin yang ingin disampaikan oleh Mark Manson?

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon