Wednesday, April 17, 2019

Pengertian Atom menurut Beberapa Ahli

Pernahkan kalian mendengar kata atom? Pasti kita akan selalu mendengar maupun belajar dalam kimia ini. Namun apakah pengertian dari atom itu? Kita akan pasti akan mengerti.  Bahkan benda ini merupakan benda yang tidak bisa di bagi lagi menjadi beberapa bagian. Oleh sebab itu kita sebut sebagai atom.

Sebelumnya kita mengenal keberadaan Partikel, Atom, ion, dan molekul

Pengertian Atom

Atom sendiri berasal dari bahasa yunani disebut "atomos" yang berarti tidak dapat dibagi / dipotong. Sehingga maksud dari atom sendiri merupakan penyusun yang paling kecil. Atom sendiri terdiri dari beberapa muatan, yakni :
  1. Proton : Partikel Atom yang bermuatan Positif
  2. Elektron : Partikel Atom yang bermuatan Negatif
  3. Netron : Partikel Atom yang bermuatan netral/tidak bermuatan
  4. Isotop : Partikel Atom yang bervariasi 
Landasan dasar atau dalil-dalil dasar teori atom pertama kali dikemukan oleh John Dalton. Sedangkan pengucapan atom pertama diucapkan oleh seorang filsuf Yunani, Democritus.  Penegasan Dalton sendiri ialah semua unsur kimia tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil, itu disebut atom. . Suatu kimia yang tidak bisa pecah, tidak bisa dibagi, bahkan tidak bisa dipisahkan karena sudah merupakan unsur terkecil.
Bentuk Atom. Atom Rutherford
Sumber : © sisikreatif.com

Dalam perkembangan atom, beberapa definisi atom bermunculan yang bukan cuman bagian terkecil tidak dapat dibagi, tetapi beberap komponen yang lain yang ditemukan oleh para ahli. Kita mulai dari Democristus terlebih dahulu.

Atom menurut Democristus

Penggagas kata atomos pertama kali dicetuskan oleh Democritus. Menurut Democitus, jika suatu materi yang dibelah dan dipecah-pecahkan terus dari suatu partikel yang fundamental atau partikel yang tidak bisa dibagi lagi. Partikel ini disebut sebagai atom. (Partikel dasar yang tidak bisa dibagi lagi).

Atom menurut John Dalton

Dalton membuat teori berdasarkan percobaan yang dilakukannya melalui sebuah zat. Dalton mengatakan bahwa semua unsur kimia tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil. dan zat yang sangat kecil tersebut disebut Atom.

Atom menurut J. J. Thomson

J. J. Thomson berpendapat bahwa atom adalah bola padat yang bermuatan positif dan negatif. Bola padat ialah positif, sedangkan yang menyebar dalam bola padat ialah elektron negatif. Bentuk model atom sendiri digambarkan sebagai roti kismis, dimana kismis adalah elektron dan roti adalah atom.

Atom menurut Ernest Rutherford

Dalam percobaannya mengenai penghampuran alfa di uranium. Dirinya menemukan partikel positif dalam atom.  Oleh karena kritik atas Thomson, Rutheford dapat menemukan proton di dalam atom meskipun belum menemukan neutron. Sehingga Rutheford menyatakan bahwa atom terdiri atas inti atom bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron.

Atom menurut Niel Bohr

Menurut Niel Bohr. Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan negatif. Elektron-eletkron mengelilingi inti atom pada suatu lindasan tertentu. Lintasan-lintasan ini disebut dengan kuit elektron atau tingkat energi. Dalam percobaannya mengenai

Kesimpulan

Atom merupakan bagian terkecil dalam suatu unsur, namun bentuk atom sendiri belum dapat dipastikan sampai ditemukan oleh Niel Bohr, didalam atom masih ada partikel dan gelombang kecil. Misalnya saja proton dan eletkron. Namun kita harus bangga karena peneliti-peneliti ini berhasil menyempurnakan beberapa pengertian atom hingga apa yang kita kenal saat ini.

Sumber :
https://yiksrimustika.wordpress.com/
https://idschool.net/
https://bisakimia.com/
http://www.artikelsiana.com/

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon