Thursday, June 22, 2017

Pengertian Partikel, Atom, Molekul, dan Ion

Suatu hari, disuasana kelas sangat kondusif, siswa diminta untuk mengerti beberapa hal mengenai kimia dasar. Salah satunya ialah mengerti berbagai jenis partikel dalam kimia. Apakah susunan dari air, kertas, maupun unsur kimia lainnya.

Dalam perjalanannya, para siswa ini diminta untuk mengerti apakah yang ada di dalam suatu benda. Mereka mencoba mengamati proses terbentuknya. Mulai dari bagaimana unsur tersebut terbentuk, ion maupun atom yang terdapat di dalamnya, hingga pengertian dari partikel-partikel di dalamnya. Sehingga perlu pengenalan lebih dalam.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai partikel kimia, terlebih dahulu kita mengenal macam-macam partikel maupun pengertiannya. Sehingga saat kita mendalami maksud dan tujuan Partikel kimia ini, kita dapat mengenal beberapa kulitnya terlebih dahulu.

Partikel

Pernahkah kalian mendengar kata partikel, apakah maksud dari partikel itu sendiri? Mungkin sebagian besar akan mengerti maksud dan pengertian dari partikel dalam kimia.  Partikel sendiri merupakan satuan dasar dalam suatu materi atau benda di dalamnya. Sehingga mengapa bisa dikatakan partikel? Karena partikel adalah satuan bagian terkecil dari suatu materi. Sehingga dalam partikel sendiri terdapat 3 jenis. Yaitu : atom, molekul, dan ion. Sehinga baik itu molekul, atom, maupun ion merupakan bagiant terkecil dari suatu materi yang disebut dengan partikel.
Partikel Molekul © psychology.wikia.com

Atom

Pernahkan kalian mendengar kata atom? Pasti kita akan selalu mendengar maupun belajar dalam kimia ini. Namun apakah pengertian dari atom itu? Atom sendiri berasal dari bahasa yunani disebut "atomos" yang berarti tidak dapat dibagi / dipotong. Sehingga maksud dari atom sendiri merupakan penyusun yang paling kecil. Atom snediri terdiri dari beberapa muatan, yakni :
  1. Proton : Partikel Atom yang bermuatan Positif
  2. Elektron : Partikel Atom yang bermuatan Negatif
  3. Netron : Partikel Atom yang bermuatan netral/tidak bermuatan
  4. Isotop : Partikel Atom yang bervariasi

Molekul

Pernahkah berpikiran bahwa setiap atom dapat menyatu? Hal itu sangatlah mungkin karena sebuah atom tidak semua bisa berdiri sendiri, misalnya ialah H2O yang merupakan senyawa Air, maupun O2 yang berarti senyawa Oksigen. Tapi apakah pengertian dari penyatuan atom tersebut?

Molekul merupakan gabungan dari beberapa atom, bisa dua maupun lebih atom dalam satu senyawa atau unsur. Molekul sendiri juga merupakan bagian dari partikel. Sehingga molekul harus memiliki dua atom lebih dalam satu ikatan unsur maupun senyawa.
  • Jika gabungan dari atom unsur sama jenisnya maka disebut Molekul Unsur, Contohnya: O2, H2, O3, S8
  • Jika gabungan dari atom unsur berbeda jenisnya maka disebut Molekul Senyawa, Contohnya: H2O, CO2, C2H5

Ion

Selain kita mengenal yang namanya atom yang merupakan partikel terkecil dan tidak bisa dibagi-bagi lagi. Namun pahamkah jika suatu atom memiliki suatu muatan listrik? Wah luar biasa jika atom memiliki muatan listrik. Atom yang bermuatan listrik ini sendiri disebut dengan ion. Sehingga muatan listrik ini sendiri pada atom di kulit terluar. Sehingga Ion akan terbentuk apabila atom melepaskan atau menerima satu atau lebih elektron untuk membentuk kulit terluar. Atom yang bermuatan stabil jika elektron-elektronnya menepati orbital-orbitalnya dan kulitnya terisi semua.

Larutan ion sendiri mengandung ion yang dapat bergerak dan menghantarkan listrik. Ion yang mengandung muatan listrik negatif disebut anion, sedangkan ion yang bermuatan positif disebut kation. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.

Kesimpulan

Partikel sendiri merupakan unsur dalam kimia. Partikel sendiri didasarkan pada bentuk, ikatan, dan muatan listrik menjadi tiga pengertian saling berikatan, yakni atom, ion, dan molekul. Atom sendiri merupakan partikel yang tidak dapat di pisahkan lagi. Molekul sendiri merupakan gabungan dari atom, dan ion merupakan atom yang memiliki muatan listrik. Oleh sebab itu partikel selalu ada di dalam atom, ion, dan molekul.

Sumber :
noivafelizal.blogspot.com
medlinkup.wordpress.com
Gambar :
psychology.wikia.com