Saturday, April 20, 2019

Contoh-Contoh Kation dan Anion

Selah kita membahas mengenai Ion dan kali ini akan akan membahas mengenai contoh-contoh yang terdapat pada ion. Khususnya Kation dan Anoda yang merupakan bagian dari ion. Ion sendiri merupakan atom yang bermuatan listrik positif maupun negatif. Sehingga agar kita mengenal beberapa contoh atom yang bermuatan listrik, dalam postingan ini akan memberikan contohnya.

Kiri ke kanan.
Kiri Atom Stabil (Netral)
Tengah = Anion
Kanan = Kation
© qrg.northwestern.edu

Contoh-Contoh Kation dan Anion

Kation (Ion Positif)

Kation atau Ion positif. Ion-Ion positif sendiri dikenal juga dengan Kation. Sebagian besar mereka adalah unsur logam, serta nama dari unsur tersebut berdasarkan unsur itu sendiri.

Kation Multivalen

Beberapa ion logam yang multivalen, yang artinya bahwa mereka dapat menunjukkan lebih dari satu muatan listrik (tidak hanya + -). Untuk ini ada nama-nama yang sistematis yang menggunakan angka Romawi.

Anion (Ion Negatif)

Unsur-unsur non-logam umumnya membentuk ion negatif (anion). Sedangkan Nama-nama anion monoatomik semua berakhir dengan akhiran -ida: Contoh:

Oksianion

Oksianion adalah oksigen didalam anion. Ion mengandung oksianion memiliki nama yang paling umum berakhiran -at, tetapi jika yang mengandung sejumlah kecil atom oksigen berakhiran -it. Contoh :


Anion Lainnya

Berikut beberapa contoh Anions yang dibentuk dalam beberapa atom yang lain

Contoh-Contoh Kation dan Anion(Diurutkan berdasarkan angka)

Kation


Anion


Kesimpulan
Ion adalah atom yang bermuatan listrik sehingga ion sangat penting dalam kehidupan saat ini. Turunan dari ion beradasarkan muatan positif dan negatif ialah anion dan kation. Anion sendiri adalah ion yang bermuatan listirk negatif, sedangkan kation adalah ion yang bermuatan listrik positif.

Sumber : 

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon