Wednesday, June 13, 2018

Unsur Biotik Lingkungan Hidup

Apakah kalian masih ingat mengenai lingkungan hidup? Pasti kalian sudah mengenal dong setiap tanggal 5 Juni merupakan hari lingkungan hidup sedunia. wiih iya ini jangan sampai lupa akan tanggal tersebut. Namun saya ingin tahu sekali lagi, apakah pengertian dari lingkungan hidup? Masih ingat apa belum? Lingkungan hidup sendiri merupakan suatu ruangan dimana satu-kesatuan makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan dapat berinteraksi dengan komponen didalamnya. Wah menarik juga ini.

Sesuai dengan judulnya, kita akan membahas mengenai salah satu unsur lingkungan hidup, yakni usnur biotik / hayatinya. Apakah kalian sudah mengenai unsur demikian? Kalau belum yuk simak artikel dibawah ini yang akan membahas lebar mengenai usnur ini.

Pengertian Usnur Biotik/Hayati

Unsur Biotik/ Hayati sendiri berasal dari kata 'biotic' yang berarti bersifat hidup. Yang berarti segala komponen yang bersifat hidup. Sehingga maksud dari komponen ini sendiri ialah makhluk hidup (organisme), seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Sehingga komponen biotik sendiri memuat tentang segala spesies makhluk hidup dalamnya.  Dalam ekosistem sendiri dikelompokan menjadi 3 bagian, yakni produsen, konsumen, dan pengurai.
Kompomen Biotik yang terdapat pada Lingkungan

Macam-Macam Unsur Biotik

Salah satu konsep unsur-unsur biotik di lingkungan hidup terletak pada perbedaan tingkat makanan maupun jenis makanannya. Oleh sebab itu, berikut macam-macam unsur biotiknya.

1. Produsen

Produsen merupakan unsur yang dapat membangun makanan sendiri di dalam lingkungan. Makhluk Hidup ini sendiri isebut autotrof karena memiliki kemampuan untuk membangun makanan sendiri. Sehingga kebanyakan makhluk hidup semacam ini termasuk dalam kelompok tanaman hijau. Tanaman Hijau sendiri membutuhkan bantuan sinar matahari. Kelompok ini sendiri sangat penting bagi konsumen tingkat pertama karena mereka lebih banyak memakan tumbuhan hijau dalam rantai makanan..
  

2. Konsumen

Kelompok berikutnya yang tak kalah menarik ialah kelompok konsumen yang sering disebut sebagai heterotrof, yaitu organisme yang memakan organisme lain, yakni memakan konsumen maupun produsen. Kelompok inipun tergantung pada makanannya di dalam lingkungan. Konsumen sendiri dapat dibedakan berdakan menjadi beberapa jenis, sesuai dengan makanan yang mereka makan, yakni :
  1. Konsumen primer (herbivora), Konsumen ini sendiri merupakan konsumen dimana memakan produsen atau tanaman hijau
  2. Konsumen sekunder (karnivora), memakan konsumen maupun konsumen dibawahnya..
  3. Konsumen tersier (konsumen tingkat tinggi), konsumen yang mekanan konsumen sekunder dibawahnya.
  4. Pemakan segala (omnivora), konsumen yang dapat mekanan tumbuhan maupun hewan.
  5. Pemakan serangga (insektivora), konsumen yang khussu dapat memakan serangga saja.
  6. Pemakan sisa (detrivora), salah satu konsumen tingkat atau atau bisa dibilang pemakan bangkai dimana konsumen ini memakan organisme yang telah mati dan merubahnya menjadi partikel-partikel organik.

3. Pengurai

Komponen biotik terakhir yang tak kalah kita lupakan di penjelasan diatas yaitu konsumen yang bener-bener kecil, yakni bakteri dan jamur. Pengurai atau prombak sendiri merupakan makhluk hidup yang dapat menguraikan bahan organik dari makhluk hidup yang telah mati, serta merubahanya menjadi partikel-partikel organik lainnya yang berguna bagi tumbuhan.. Makhluk ini sendiri sangat beguna bagi kehidupan makhluk hidup lainnya.

Kesimpulan

Jadi inti dari artikel ini sendiri berbicara mengenai komponen maupun unsur biotik yang terdapat di lingkungan hidup. Komponen-komponen ini sendiri sangat penting dikarekan dapat mempengaruhi keberlangsungan kehidupan dan interaksi yang terjadi di dalam lingkungan. Oleh sebab itu perlunya hubungan timbal balik agar hubungan tersebut dapat terjaga. Agar keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik di dalam lingkungan tetap baik.

Sumber + Gambar
wikipedia.org
Nurdin, Muh. Dkk. 2008. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
sohu.com

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon