Thursday, June 22, 2017

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Arti Penting Lingkungan Hidup

Berbicara tentang lingkungan pasti kita mengenal namanya lingkungan sekolah, rumah, maupun masyarakat dan kampung. Namun Apakah kalian sadar ada unsur-unsur di dalamnya?
      
Lingkungan hidup ialah suatu hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang ada di dalamnya, baik itu komponen biotik maupun abiotik di sekitar lingkungan itu. Sehingga manusia dapat berhubungan balik dengan komponennya.
    

Pengertian Lingkungan Hidup

Setiap tanggal 5 Juni, apakah kalian mengerti sedang merayakan apa? Mungkin kita terdengar asing bagi telinga namun jika dipahami secara sungguh-sungguh bahwa sedang dirayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Setiap tangal inilah demi meningkatkan kesadaran secara dunia agar mengerti arti pentingnya lingkungan hidup dan perlindungan terhadap alam dan Bumi. Wee luar biasa ya lingkungan hidup ini dikarenakan pasti akan mempengaruhi secara langsung kehidupan manusia. Okay berikut pengertian darin lingkungan hidup sendiri.
Sebuah lingkungan di hopetoun fall
Lingkungan Hidup ialah segala interaksi antara makhluk hidup , khususnya manusia dengan lingkungan yang mempengaruhi sendi-sendi kehidupan di lingkungan. Hubungan ini harus tetap terjaga karena dapat mempengaruhi kehidupan manusia maupun makhluk yang ada di dalamnya. Sehingga dalam praktek kehidupan perlu adanya kesadaran manusia menjaga lingkungan maupun Bumi tercinta ini.
        
Sedangkan sendi hukum Indonesia mengenai lingkungan hidup, didasarkan pada UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
  

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Unsur-unsur adalah satu kesatuan yang mrmbentuk suatu lingkungan hidup. Komponen ini pada dasarnya terbagi menjadi dua inti, yaitu komponen biotik dan abiotik. Namun seiring interaksi yang ada, maka terdapat pula unsur sosial dan budaya. Berikut penjelasannya. 
  

1. Unsur Abiotik/ Unsur Fisik

Abiotik sendiri berasal dari a dan biotic. A yang berarti tidak, sedagkan biotic berarti "hidup/bersifat hidup" Sehingga artinya ialah tidak hidup. Sehingga pengertian dari unsur abiotik ialah segala komponen yang bersifat tidak hidup. Disini kita belum berbicara mengenai makhluk, namun komponen-komponennya. Contoh dari komponen Abiotik adalah air, tanah, udara, gunung, laut, sinar matahari.
    

2. Unsur Biotik/Hayati

Setelah kita memahami unsur abiotik di lingkungan hidup, kita akan mempelajari lebih dalam unsur biotik. Sesuai dengan maksud arti biotik yang berati "bersifat hidup", maka unsur Biotik adalah segala komponen yang bersifat hidup, atau bisa disebut makhluk hidup(organisme), mislanya manusia, hewan, dan tumbuhan. Sehingga kelompok biotik sendiri meliputi berbagai macam jenis dan spesies makhluk hidup. Sedangkan ekosistem di dalam biotik sendiri dibedakan menjadi 3, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. 
  

3. Unsur Sosial dan Budaya

Manusia merupakana bagaina dair unsur-unsur suatu ekosistem, sehingga tak dapat dipisahkan didalamnya. Seperti organisme lainnya, sehingga kelestarian lingkungan tergantung pada kehidupan setiap organisme didalamnya. Manusia dan makhluk lainnya hidup bergantung pada alam. Tapi untuk era saat ini, manusia lebih banyak berpengaruh terhadap alam dan lingkungan, pengaruh-pengaruh itu antara lain pengerusakan lingkungan, pelestarian lingkungan, dan perbaikan lingungan. Sehingga unsur sosial budaya adalah segala sesuaut yang berasal dari manusia, baik itu tindakan maupun akal pikiran yang diciptakan manusia untuk mempengaruhi lingkungan. Oleh karenanya manusia saat ini memiliki pengaruh luar biasa di kehidupan alam saat ini.  
   

Arti Penting Lingkungan Bagi Kehidupan

Alam dan lingkungan  memiliki peran penting di dalam kehidupan, karena lingkungan sendiri merupakan tempat makhluk hidup untuk tinggal maupun berinteraksi dengan makhluk disekitarnya. Sehingga sangat penting untuk dijaga kelestariannya. berikut pentingnya lingkungan bagi kehidupan antara lain:
  1. Lingkungan sebagai wahana atau tempat bagi kelanjutan kehidupan. Sebab lingkungan dan ekosistem sendiri merupakan tempat tinggal bagi sebagian besar makhluk hidup didalamnya sehingga mereka dapat survive demi kehidupan mereka.
  2. Lingkungan sebagai tempat tinggal (habitat). Sesuai dengan pernyataan diatas bahwa lingkungan telah menyediakan tempat tinggal khusus bagi mahkluk hidup didalamnya
  3. Lingkungan sebagai tempat mencari makan. Setiap lingkungan pasti akan menyediakan pangan bagi makhluk hidup. Sehingga merupakan tempat yang penting baginya mencari makanan
  4. Lingkungan sebagai aktivitas sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lain lain. Sekumpulan manusia dapat melakukan berbagai interaksi didalamnya, seperti sosial, politik, dan budaya sehingga lingkungan adalah tempat beraktivitas dan berinteraksi terhadap sesamanya.
 

Kesimpulan

Bayangkan jika lingkungan kita rusak? Mungkin sudah tidak ada kehidupan yang ada didalamnya. Sehingga menjaga dan melestarikan merupakan tanggung jawab bagi kita. Agar hari lingkungan sedunia bukanlah cuman perayaan biasa, melainkan kita hayati dan dalami arti penting dan manfaat lingkungan bagi kehidupan kita di Bumi ini.

Sumber:
materiku86.blogspot.com

febrian.web.id
Nurdin, Muh. Dkk. 2008. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Gambar :
en.wikipedia.org 

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon