Monday, November 2, 2020

Tips-Tips Agar Warkop / Warung Kopi Kalian Bisa Ramai

Usaha warkop bukankah hal yang begitu mewah. Bahkan di setiap tempat kita bisa ketemu warkop di beberapa bagian. Terlebih di kota-kota besar di Jawa yang banyak sekali warkop maupun cafe yang merabah kemana-mana. Khususnya di kota saya Sidoarjo maupun Surabaya. Sebab banyak sekali warung maupun cafe-cafe yang booming di kota-kota besar saat ini.

Warung Kopi
© Ngopi Surabaya / www.ngopisurabaya.com 

Inilah kita akan membahas mengenai tips-tips yang cukup mujarab bagi kalian yang akan bikin atau sedang usaha tentang warkop. Mungkin bagi pembaca, hal ini agak aneh karena biasanya membahas pendidikan. Akan tetapi pendidikan tidak harus melulu education dari sekolah kan? Tetapi bukan berati tidak ada hal yang dibahas diluar pendidikan kan?


Warung Kopi / Warkop

Warung Kopi atau kita kenal dengan istilah Warkop adalah toko yang jualan kopi. Bahkan di warung kopi ini kita akan melihat orang-orang yangakan berjualan teh, minman ringan, pop ice, maupun makanan ringan. Bisa dibilang warung yang biasanya dipakai untuk tempat nongkrong bagi para pecinta kopi. 


Fenomena-fenomena warkop buka banyak di kota-kota besar bukanla hal yang begitu istimewa. Dikarenakan di masa lalu pun juga sudah sering banyak warung kopi yang akhirnya menjadi tempat jual beli dan juga sekalian nongkrong. Namun hal ini adalah hal yang biasa dikarenakan hal tersebut bukanlah hal yang istimewa.


Dalam artikel ini kita disini akan membahas menenai aar warkop bisa ramai dana akan membawa profit dan benefit yang begitu menggiurkan. Bahkan mungkin pernah saya tanyai beberapa ada yang mendapatkan profit 1 - 3 juta sehari hanya membuka suatu usaha warkop. Apakah yang bikin mereka bisa mendapatkan profit dan benefit yang begitu hebat?


Tips Agar Ramai

Salah satu yang menjadi fokus poin kita disini adalah bagaimana kita bisa mendapatkan penghasilkan sekaligus agar warkop bisa ramai dan menghasilkan benefit yang begitu luar biasa menurut pandangan admin disini. 


1. Komunitas

Warkop tidak hanya berbicara wifi maupun internet yang begitu kencang. Tetapi sejak dahulu hingga sekarang kita bisa mengatakan komunitas dan interaksi antar pengunjung adalah ciri khas tersendiri di dalam warkop agar mereka bisa ramai. Ramai itu tergantung bagaimana membentuk suatu komunity kecil di warkop tersebut. Jika kita melihat film-film laam yang berkenaan dengan komunitas di suatu bar, Komunitas inilah yang menjadikan suatu warkop bisa begitu ramai dan akhirnya bisa laris bagi kalian. 


2. Tempat yang nyaman

Kita masih belum berbicara wifi di era modern. Dikarenakan kita akan melihat bagaimana konteks di jaman dulu hingga sekarang adalah kenyamanan.Satu tempat yang nyaamn dengan berkomunitas dan berkomunikasi dengan lainnya adalah impian bagi seorang yang ingin menikmati suatu cafe atau berkomunitas. Tempat yang nyaman inilah yang bikin warkop akan menjadi ramai.


3. Lokasi yang Strategis

Sepeti banyak bisnis lainnya bahwa menyediakan tempat strategis adalah hal yang penting. Setiap pembinsis harus siapkan tempat yang sekiranya strategis sekali. Lokasi yang strategis ini adalah tempat yang penting. Dikarenakan strategis dan lokasi yang strategis adalah kunci ketika orang ingin ramai. Misalnya bikin warkop di dekat kampus maupun lokasi yang jarang banget warkop muncul juga hal yang penting. Lokasi ini menentukan bagaimana bisnis akan terbentuk kedepannya. Karena mungkin aja di kampus atau university, perlu tempat nongkrong diluar kampus. Atau carilah tempat yang lain yang banyak orang yang akan kunjungi warkopmu.


4. Setidaknya pemilik toko yang ramah

Pemilik toko atau pelayan harusnya adalah orang yang ramah terhadap pembeli dan pelangan. Hal tersebut adalah nilai tambah sekaligus nilai kecakapan yang penting. Dikarenakan jika tidak ada pemilik toko yang ramah. Maka mungkin saja kita tidak akan mendapatkan pelanggan setia. Jujur sebagai pelanggan warkop. Melihat keramahan dari pemilik toko ada suatu rasa tersendiri sehingga dapat mengingat dan juga ada rasa tersendiri.


5. Kebersihan

Ini adalah hal yang terpenting di dalam setiap toko. Kebersihan adalah suatu hal yang sangat dicariin oleh para pelanggang. ketika kebersihan tidak terjaga. Maka toko akan susah mendapatkan pelanggan. Apalagi pelanggan yang setia akan selalu membeli kopi / teh/ makanan ringan ditempatmu. Ini adalah nilai lebih dari warkop yang bersih akan selalu didatangi oleh pelangang.


6. Peletakan dan desains yang Baik

Salah satu yang penting jug adalah peletakan desains maupun kursi dan meja saat berualan. Peletakan ini adalah sangat penting mengingat bahwa peletakan kursi dan meja adalah pilihan terbaik sehinga akan meningkatkan suatu kenyamanan ketika ada. Peletakan dan kursi desains dan lain-lain akan menghasilkan kenyamanan yang meningkat. Kenyaman yang deikian dihasilkan dari desans dan peletakan kursi yang ada disekitar. 


7. Desains tidak harus terlalu mewah

Ingat, sebagian besar pengunjung dari suatu warkop adalah pengunjung yang notabenenya orang-orang sederhana. Bukanlah orang-orang yang high class (biasanya di cafe yang mewah). Bukanlah orang-orang yang ingin punya kedudukan tinggi. Tetapi orang-orang sederhan dan orang-orang yang menengah kebawah. Mungkin aja ada beberapa demikian. Oleh sebab itu Warkop tidak boleh terlalu mewah untuk datang ke warkop. Oleh sebab itu, desainsnya tidak usah terlalu mewah tetapi tetap ada desains pembeda

Setidaknya Berdua juga enak ya?
© Love Coffe / Gabriel Alva / Pixabay


8. Tempat Parkir 

Salah satu yang penting juga karena setiap warkop harus ada tempat parkir yang memadai. Karena tempat parkir adalah bagian esensial di dalam warkop. Tempat parkir harus di warkop. Jikalau tidak ada tempat parkir. Mana mungkin ada tempat untuk meletakan motor? Oleh sebab itu, diperlukan tempat parkir yang bisa meletakan kendaraannya saat pergi ke warkop. Setidaknya punya tempat yang cukup luas atau secukupnya suapay tidak mengganggu jalan dan akhirnya nyaman meletakkan motor.


9. Hidangannya gk cuman Kopi

Orang ke warkop itu tidak mesti untuk membeli kopi, tetapi ada juga yang ke warkop bukan cuman membeli kopi. Tetapi juga ada yang membeli teh atau juga membeli makanan, atau juga membeli nasi bungkus. Hal-hal tersebut adalah kebiasaan yang ada di warkop. Bahkan kita tidak boleh menyediakan kopi saja klo begitu. Kita perlu menyediakan berbagai yang ada. Tetapi tidak boleh berlebihan juga ingat rata-rata orang mendium kebawah loh.


10. Memiliki Musik dan TV

Musik adalah pembawa suasana agar warkop semakin baik. Sebab jika tidak ada musik yang ada. Maka warkop tidak memiliki sesuatu yang tepat. Setdiaknya kita perlu juga memilih lagu yang tepat. Karena pemilihan lagu ini dapat membawa kita menggaet anak-anak muda untuk datang kepada warkop kita.

Setidaknya TV ini sanat penting, khususnya saat acara-acara bola atau piala bola. Karena setiap kali ada acara bola pasti warkop langsung rame. Karena mereka pasti perlu komunitas nonton bola bersama-sama di suatu cafe atau warkop. Pasti sangat dibutuhkan TV semacam ini ketika ada event-event besar.


11. Perhatian pada Papan Menu

Meskipun ini adalah bersifat pilihan / opsi. Tetapi sebaiknya papan menu adalah bagian terbaik. Ketika ke warkop mungkin saja orang akan mencari papan menu dan melihat daftar harga. Tetapi ini juga tidak menjadi pilihan karena kita bisa menanyai pada pemilik toko. Namun kadang tidak perlu karena pasti ada harga standar yang umumnya dijual. 

Tetapi dengan papan menu ini, kita bisa melihat harga dan mungkin aja ada harga yang tepat untuk kita nikmati.


12. Wifi jangan lupa

Setelah melihat bagian-bagian yang sederhana hingga yang akhirnya sering dicariin. Adalah Wifi yang banter dan wifi memadai. Saya pun kalau ke warkop tidak cuman nongkrong tetapi juga mencari wifi yang kencang. Khususnya wifi yang cukup banter atau kencang dinikmati. Apalagi di jaman sekarang wifi yang penting di warkop.


13. Pilihan gelas dan racikan kopi yang menarik

Gelas juga menjadi bagian penting untuk diperhatikan dalam warkop. Gelas yang menarik juga akan meninggalkan kesan tersendiri ketika minum kopi disuatu warkop. Terlebih bagaimana racikan kopipun menjadi hal yang penting diperhatikan. Kopi yang enak dan kopi yang diracik sedemikian akan membawa para pecinta kopi. Pecinta kopi dari kalangan manapun meskipun warkop adalah sederhana. Tetapi membawa suatu pecinta kopi dan kritikus adalah nilai lebih di dalam mempromosikan warkop


14. Promosi Warkop Penting (Gunain fasilitas Google Maps)

Salah satu cara penting adalah bagaimana kita bisa melakukan promosi warkop kita. Mulai dari hal sederhana yaitu dari Google Maps. Gunakanlah fasilitas Google Maps untuk mempromosikan suatu warkop. Dengan google maps, kita bisa melihat bagaimana warkop tersebut dinilai dan dikunjungi oleh orang-orang pada umumnya. Bahkan dari fasilitas google maps. kita bisa mempromosikan bagaimana warkop kita jadi lebih ramai.


15. Sisanya ada di Tanganmu Sendiri

Salah satu yang penting ada di tanganmu. Karena kau adalah pemilik warkop. Maka kau ada begitu banyak cara untuk membikin warkopmu ramai. Dengan ide dan seluruh kerja kerasmu. Niscaya warkop akan ramai dengan sendirinya. Karena dari dalam dirimu punya potensi yang hebat agar warkop tetap terjaga keramaiannya.


Kesimpulan

Jikalau ingin membuat suatu usaha warkop. Setidaknya kita tahu bagaiman step-step agar usaha warkop itu sangat ramai akan mendatangkan benefit dan manfaat serta keuntungan yang lebih. Oleh sebab itu benefit dan manfaat ramainya warkop ini sangat penting agar kita menghasilkan keuntungan hingga jutaan dalam sehari. Oleh sebab itu, usaha ini akan menjanjikan jika kita begitu rajin dan siap untuk menghadapi perubahan yang ada.


Sumber :

- Wikipedia, 2020,  Warung Kopi,  https://id.wikipedia.org/wiki/Warung_kopi, Diakses pada 2 November 2020


Apakah kalian ingin mencoba usaha warkop ini?

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon