Thursday, November 5, 2020

Tips-Tips Agar Toko Kelontong / Minimarket Kalian Sukses

Pernahkah kepikiran untuk membuka suatu toko kelontong yang sederhana tapi dapat mendatangkan profit yang begitu banyak? Mungkin suatu pemikiran dan keinginan kita sendiri karena agar apa yang kita layani dan kita berikan dari toko Kelontong yang sederhana tapi bisa menghasilkan berbagai penghasilan yang bisa memberikan kesuksesan tersendri di dalam toko kita. Apakah yang bikin toko kelontong kita nantinya laris dan sukses

Toko Kelontong
Toko Kelontong sederhana
© money.kompas.com

Berikut kita akan membahas bagaimana caranya agar toko kelontong / mini market kalian akan bisa berhasil untuk menyediakan berbagai hal-hal yang begitu luar bias dari toko kelontong ini. Karena kita bisa melihat dari hasil tetangga saya sendiri yang berhasil bikin toko kelontong dan laris karena jualan yang bapak ini usahakan sejak saya masih TK. Toko yang setidaknya sudah buka 10 tahun lebih ini sudah cuikup terkenal hingga seluruh kelurahan saya. Apa yang menjadikan toko ini terkenal dan berhasil jadi toko yang berkembang pesat?


Toko Kelontong / Minimarket

Toko Kelontong / Mini market adalah sebuah usaha kecil yang sangat sederhana dan cakupannya secara lokal. Dapat diaksesdengan mudah oleh orang-orang yang sederhana dan orang-orang yang ada di sekitar. Oleh sebab itu, toko kelontong sendiri dapat dibilang begitu sederhana dan menjual barang-barang sederhana yang ada di sekitar. Toko kelontong kehadirannya sangat penting di karenakan toko ini sendiri memiliki peran penting untuk rumah-rumah di sekitar mereka agar mendapatkan askes membeli barang secara mudah.


Setidaknya kalau saya bercerita tentang toko tentangga saya yang sudah buka 10 tahun lebih adalah hal yang sangat menarik. Sebab ketika aku masih SD / TK. toko ini sudah buka begitu lama. Menjual berbagai kebutuhan dan saya lebih mudah membeli barang hanya dengan pergi ke tetangga saya. Bahkan toko tetangga saya jauh lebih murah daripada toko yang lain. Lah kok bisa jadi toko kelontong murah dan laris? Inilah ada rahasia yang cukup menarik ingin ku ceritakan. Mungkin bisa jadi semangat kita agar membuka toko kelontong yang begitu laris.


Tips-Tips untuk Toko Kelontong / Minimarket

Setidaknya kita bisa melihat kinerja dan kerja keras dari toko yang bibangun oleh tetangga kami, mungkin banyak yang tidak menyangka dari usaha yang tunggal ini bisa menjadi usaha yang begitu berhasil. Bahkan bisa dikenal hingga ke desa sebelah. Apakah yang menjadi tips penting yang dapat kita pelajari?


1. Doa

Satu hal yang perlu kita garis bawahi bawha doa itu sangat penting di dalam kehidupan kita. Doa adalah hal yang esensial bagi seorang manusia. Sebab doa adalah nafas hidup orang percaya. Jikalau kita tidak berdoa dengan sungguh-sungguh. Mungkin Tuhan tidak akan memberikan apa yang kita butuhkan saat ini. Kebutuhan dan keinginan kita bisa kita tanyakan kepada Tuhan. Apakah ini memang sesuai kehendak Tuhan atau tidak.


2. Usaha Lebih Keras dan Cari Agen / Supplier Pusat

Salah satu yang bikin usaha in berhasil adalah bahwa kita harus mempunyai usaha yang lebih dalam lagi. Bagaimana caranya? yaitu mencari agen-agen atau produsen-produsen yang merupakan supliyer resmi yang ada. Jika kita mendapatkan akses demikian, maka kita akan diperbolehkan untuk menjual lebih murah dari toko kelontong yang lain dan toko kelontong yang lain hanya akan mengikuti harga yang ada. Misalnya jika dari agen kita mendapatkan harga 15000 maka toko kita bisa jual dengan harga 16000 dan ini jauh lebih murah daripada toko lain yang menjual 17500.


3. Main Harga

Sudah dijelaskan sebelumnya jika ingin mau harga yang murah dan laris harus dapat menghubungi supplier yang bersangkutan agar apa yang ku katakan sebelumnya. Jika kita ingin mendapatkan harga murah maka seharusnya kita dapat melakukannya dengan kerja lebih keras lagi. Dari kerja yang keras ini niscaya kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau dari yang lain.


4. Ramah dan Memiliki Ciri Khas

Ciri khas dari toko kelontong tetangga saya adalah keramahan yang dia berikan di dalam berjualan. Ketika dirinya ramah dan sikap yang sangat disukai oleh orang-orang disekitar. Sekiranya ketika beli du toko dan menunggu gilirannya, arus positif selalu hadir dari keramahan yang pemilik toko berikan. Sehingga ramah ini adalah poin penting lainnya ketika kita mau membuka toko kelontong. Tidak ada ciri khas lain daripada keramahan yang ingin pemilik toko ini bagikan.


5. Carilah Lokasi yang Membutuhkan

Satu hal penting bahwa toko kelontong harus bisa menjadi tempat yang dibutuhkan oleh orang sekitar. Salah satu ciri khas toko kelontong yang sangat penting dan sangat diperlukan. Sebab toko kelontong sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa toko kelontong punya peran penting di dalam ekonomi orang-orang disekitarnya. Jadi dapat dibilang toko kelontong ini adalah hal yang sangat penting dan esensial bagi kehidupan orang-orang yang ada disekitar tempat mereka tinggal.

Toko Kelontong
Anekaraganm jualan toko kelontong
© paper.id


6. Kebersihan dan Tata Letak yang Baik

Ada suatu toko kelontong yang sangat kotor karena kurang terawat dalam penata letak dan juga hal-hal yang bersangkutan. Sehingga sangat susah sekali untuk mendatangkan pembeli dan sangat susah untuk mendatangkan keuntungan apa-apa. Oleh sebab itu penata letak dan kebersihan dari toko sangat perlu dijaga agar toko kalian tetap ada pembeli yang akan membeli barang dagangan kalian. kebersihan adalah hal yang utama ketika kalian berjualan.


7. Jualan Berbagai kebutuhan

Meskipun toko kelontong adalah sangat sederhana untuk berjualan. Akan tetapi perlu kita ketahui dan pahami bahwa toko ini juga bisa menyediakan berbagai kebutuhan kita. Penyedaian berbagai kebutuhan ini sangat penting dikarenakan toko yang menjual berbagai kebutuhan adalah hal yang sangat dibutuhkan. Apalagi kalau kita bener-bener konsisten dengan kebutuhan ini, maka toko kita bisa jadi market / pasar yang akan mendatangkan banyak pembeli yang ingin mencari kebutuhan mereka. Namun juga perlu disadari bahwa sebenarnya barang yang kita jual janganlah terlalu banyak juga. Yang penting adalah tepat sasaran kebutuhan para konsumen.


8. Sisanya Hanyalah Waktu Menjawab

Semakin toko kalian tua dan semakin banyak orang yang datang. Maka sebenarnya toko kalian telah dikenal oleh sebagian besar orang dan akhirnya toko kalian sudah bisa dinyatakan laris dari segi usaha. Ini adalah berkenaan juga denna waktu kalian buat. Semakin lama dan semakin besar toko kalian, setidaknya ini akan menjadi nilai tambah sendiri di dalamnya.


Kesimpulan

Usaha toko kelontong memang cukup menjanjikan selama toko tersebut dapat dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Setidaknya di dalam toko kelontong sendiri punya ciri khas yang tidak boleh dapat disamakan dengan orang sekitarnya. Toko kelontong yang laris dapat dijadikan modal usaha kedepan dan kebutuhan hidup keluarga. Oleh sebab itu setidaknya ada 8 tips sederhana untuk membuka toko kelontong agar toko kalian cukup laris di masa depan nanti.


Apakah kalian ingin usaha toko kelontong? Semoga usaha yang kalian jalankan dapat berhasil di temapt anda kelak nanti.

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon