Saturday, September 26, 2020

Fungsi-Fungsi Keluarga Serta Penjelasan Singkatnya

Keluarga adalah lembaga pertama yang ada di dalam kehidupan manusia. Khususnya saat anak lahir di dunia maka akan diperlukan Ayah dan Ibu mereka untuk merawat dan memerlukan keluarga yang akan merawat dirinya untuk menjadi bagian dari masyarakat. Sehingga keluaga alangkah baiknya harus menjalankan fungsi-fungsinya dengan sangat baik.

Keluarga
Keluarga yang penting
© Family / Brad Dorsey /
 Pixabay

Setidaknya dalam artikel sederhana ini kita akan membahas mengenai fungsi-fungsi keluarga yang menjadikan kehidupan kita jauh lebih baik. Ketika kita sudah memiliki keluarga diharapkan dapat menjadi bagian dari masyarakat yang seutuhnya.


Fungsi-Fungsi Keluarga

Keluarga memiliki perananan penting di masyarakat. Baik itu untuk anggota keluarga maupun orang lain di masyarakat. Keluarga sangat penting dalam perkembangan individu agar dirinya jauh lebih dewasa. Dalam artinya bahwa di dalam keluarga, hidup dalam beberapa orang yang harus saling berinteraksi antara satu dengan lainnya.

1. Fungsi Kepercayaan Iman

Keluarga harus memiliki peranan penting untuk membentu anggota keluarga untuk semakin beriman dengan baik dan sungguh kepada Tuhan. Hal ini akan menjadikan pendoman baik bagi kehidupan yang ada. Dialam kepercayaan iman ini, maka akan membimbing keluarga untuk semakin lebih bertumbuh dan dewasa.


2. Fungsi Sosial Budaya

Bagaimana keluarga sebagai pembangun sosial di dalamnya. Di dalam hal ini keluarga harus membangun kebudayaan agar jauh lebih dewasa kedepannya. Sehingga setiap anggota keluarga dapat menjadi suatu masyarakat yang utuh. Sehingga menuntut kita untuk lebih berbudaya.


3. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang

Keluarga sebaiknya harus di dasarkan pada cinta kasih sayang yang melekat antara satu kelaurga dengan yang lainnya. Ketika orang tua kita harus menjalin suatu hubungan jelas dirinya memiliki cinta kasih terhadap sesama yang ada di dalamnya. Cinta kasih dan rasa sayang sesama anggota keluarga harus terpancar nyata di dalamnya sehignga keluarga tidak menjadi sarang kebencian.


4. Fungsi Perlindungan

Keluarga harus menjadi tempat perlindungan yang sebenarnya penting untuk melindungi beberapa anggota keluarga agar mereka jauh lebih merasa nyaman di dalamnya. Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang menjadi impian bagi kita semua. 


5. Fungsi Reproduksi

Sehingga anggota keluarga setidaknya dapat menghasilkan dan melanjutkan keturunan yang ada. Sehingga yang dalam reproduksi ini. Kita dapat menjadi penerus suatu keturunan dan juga penerus bagi bangsa dan negara kita. Generasi yang dapat berguna bagi mereka di depannya.


6. Fungsi Sosialiasi dan Pendidikan

Di dalam keluarga, maka fungsi dan agen sosialiasi sangat penting untuk menumbuh kembangkan kepribadian agar jauh lebih dewasa. Apakah yang dapat kita lakukan dan kita pentingkan bahwa di dalam sosialiasi ini agar manusia bisa mendewasakan apa yang ada di dalamnya. 

Keluarga adalah tempat pendidikan pertama bagi putra putri yang baru saja lahir di dunia. Sehingga keluarga dari situ manusia dapat belajar arti penting yang dilakukan disitu.  


7. Fungsi Ekonomi, Kosumsi, dan Produsen

Di dalam fungsi ekonomi, setiap anggota keluarga memiliki perannya masing-masing. Sehingga pengurusan dan fungsi masing-masing anggota keluarga terlihat jelas dan juga dapat membawa efek positif di keluarga. Sehingga dalam bagian ini jelas fungsi ekonomi, konsumsi, dan produsen sangat penting.


8. Fungsi Lingkungan

Pengenalan akan lingkungan juga sangat penting di dalam kehidupan keluarga. Bagaimana membuat orang-orang di dalam lingkungan terjaga bersih, rapi, indah, dan nyaman. Sehingga pengajaran lingkungan ini adalah pengajaran yang penting untuk menikmati apa yang ada. Jika lingkungan itu baik, maka kita dapat menikmati.


9. Fungsi Rekreasi

Jika keluarga hanya stuck maupun berdiam diri di rumah tanpa melepaskan penat. Maka keluarga itu belum menjalankan fungsi rekreasi sebagai bagian dari keluarga yang seimbang. Keluarga perlu mengadakan rekreasi. Rekreasi adalah yang penting harus dilaksanakan ke dalamnya. Oleh sebab itu kita perlu rekreaasi untuk menghilangkan penat seusai kesibukan yang besar.


Kesimpulan

Keluarga adalah bagian terpenting di dalam kehidupan anggota-anggota keluarga. Karena itu keluarga adalah bagian terpenting di dalam kehidupan individu yang pertama. Oleh sebab itu harus menjalankan fungsi-fungsi penting di dalam keluarga. Setidaknya da 8 inti fungsi-fungsi keluarga yaitu : Kepercayaan Iman, Sosial Budaya, Cinta dan Kasih Sayang, Perlindungan, Reproduksi, Ekonomi, Kosumsi, dan Produsen, Sosialiasi dan Pendidikan, dan Lingkungan. Lalu sebagai tambahan adalah Rekreasi.

Sumber :

Yulia Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa, 2017, Psikologi untuk Keluarga, Jakarta : Penerbit Libri, Hlm. 1 - 2 

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3924338/8-fungsi-keluarga-dan-penjelasannya-dari-fungsi-agama-hingga-ekonomi. Diakses pada 26 September 2020 pukul 10:51

http://indonesiabaik.id/infografis/8-fungsi-utama-keluarga. Diakses pada 26 September 2020 pukul 10:51

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon