Sunday, September 15, 2019

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasi dari Kingdom Monera

Pernahkah kalian meneliti suatu makhluk kecil yang ada di kehidupan ini? Pernahkah kalian membayangkan seberapa kecilnya makhluk ini sehingga anda diminta untuk mencarinya? Mungkin kita akan menemukan keunikan dibalik kingdom maupun makhluk hidup yang ada.

Kingdom Monera berbagai Jenis
© usaha321.net

Salah satu bagian dari kingdom lainnya yang telah terhapus. Tetapi perannya untuk menemukan kingdom ini sangatlah berarti. Bahkan penelitian yang ditemukan oleh Herbert F. Copeland telah menjadi tolak ukuru ntuk menemukan kingdom lainnya, khususnya penemukan dari 2 prokaryota. Sehingga cukup diberi perhargaan, apalagi menemukan sesuatu yang menarik dari wahyu umum Bumi ini. Berikut kingdom monera :

Sekilas Kingdom Monera

Perkembangan untuk meneliti makhluk mikro telah dimulai. Meskipun diawali pada Haeckel mengemukan protista pertama. Akhirnya dilanjutkan oleh Copeland dan menemukan berbagai makhluk hidup yang berukuran mikro. Salah satunya adalah Kingdom monera hingga akhirnya akan diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Eubacteria dan Archaebacteria.

Kingdom ini sendiri pertama ditemukan oleh Copeland pada tahun 1938. Di tahun tersebut, perkembangan dunia mikroskopi dan khususnya mikroskop elektron. Sejumlah peneliti mulai meneliti protista dan meneliti makhluk mikro. Dalam penemuan mereka, ilmuwan mulai dapat membedakan manakah makhluk yang memiliki inti sel tunggal (eukariotik dengan yang tidak mempunyai inti sel tunggal (prokariotik). Dan salah satu yang berhasil menemukan monera adalah Herbert F. Copeland ini yang memisahkan 2 prokaryota ke dalam kingdom tersendiri.

Kenapa dalam Monera disebut Kingdom, karena kingdom adalah salah satu dari taksonomi dalam makhluk hidup atau bisa dibilang klasifikasi makhluk hidup. Dasar untuk melakukan perbedaan ini adalah ciri yang dimiliki. Meskipun sudah cukup tinggi, akan tetapi masih dibawah domain maupun kehidupan.

Pengertian Kingdom Monera

Monera adalah makhluk hidup yang terdiri atas satu sel (uniselular). Hal ini sendiri didasarkan pada asal kata dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal. Monera belum mempunyai membran inti sel, memiliki nukleoid (bagian sel yang mengandung DNA), dan belum memiliki organel bermembran, seperti mitokondria, kloroplas, dan badan Golgi. Sehingga hal ini disebut sebagai prokariotik. Kingdom ini  dalam struktur makhluk hidup ini sangat sederhana, yang hanya terdiri dari satu sel hidup. Awalnya kingdom ini pun dikenal dengan kingdom bakteri.

Ciri-Ciri Monera

Ciri-ciri utama monera adalah memiliki satu sel / uniseluler, tetapi perkembangannya telah ditemukan ciri-ciri lain, seperti apakah ciri-ciri itu?
  • Tersusun atas satu sel atau uniseluler
  • Memiliki bentuk sel yang bervariasi 
  • Memiliki dinding peptidogilikan dalam sel
  • Tidak memiliki organel yang bermembran
  • Berproduksi dengan cara membela diri ataupun tanpa perkawinan.
  • Memiliki  suatu sel prokariotik

Klasifikasi Kingdom Monera

Meskipun kingdom ini kadang disebut sebagai kindom bacteri karena sebagian besar merupakan bakteri, tetapi karena monera adalah terlebih dahulu. Klasifikasi dari Monera sendiri ialah dibedakan menjadi : Eubacteria dan archaebacteria. Perbedaan dan klasifikasinya sangat tipis sampai susah, antara prokaryota murni dengan eukaryota yang mirip prokaryota.
Jenis-Jenis Monera
© amongguru.com

Eubacteria 

Makhluk hidup dalam kingdom ini lebih sering disebut dengan bakteri. Ciri-ciri yang menjadikan kelompok ini adalah memiliki sel prokariotik.  Bakteri adalah organisme tunggal yang hidup bebas dimana-mana bahkan ukuran dari Bakteri ini sangt kecil, yaitu 0,2 - 10 mikrometer (1 mikrometer = 1/1000 milimeter). Bakteri sendiri memiliki peran sangat penting bagi kehidupan , khususnya untuk makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan, terlebih lagi manusia. Pengelompokan bateri menurut Champhell sendiri diabgi menjadi lima kelmpok, yaitu Proteobacteria, bakteri Gram positif, Cyanobacteria, Spirochetes, dan Chlamydias. Terlebih lanjut akan dibahas dalam artikel Eubacteria / Kingdom Eubacteria.

Archaebacteria

Archaebacteria sendiri ditemukan oleh Carl Woesssedan George Fox pada tahun 1977.  Istilah munculnya archaebacteria sendiri berasal dari Yunani yaitu archaio artinya sendiri kuno. Karena pada bacteri ini sendiri merupakan sel-sel paling kuno dan kekerabatannya dengan organimse yang memiliki membran inti sel. Sehingga dianggap kuno. Pola hidup Archaebateria sendiri berada di lingkungan paling ekstrim, mirip dengan di bumi. Pengelompokn archaebacteria sendiri menjadi 3, yaitu archaebacteria Matanogen, Archaebacteria Ekstrem Termofil / Thermoasidofil (suka panas / asam), dan Archaebacteria Ekstrem Halofal (suka garam)

Kesimpulan

Sebagai kingdom awal terbentuknya monera, memang masih belum dibedakan berdasarkan prokaryota yang dimiliki oleh si kingdom akan tetapi karena masih belum dapat sepenuhnya kingdom monera dipisahkan menjadi Eubacteria dan Archaebacteria, maka mereka dijadikan satu kingdom terlebih dahulu. Tetapi karena perkembangannya akhirnya mereka dipisahkan. Nah dalam konteks pemisahana ini akan dibahas lebih lanjut dari artikel berikutnya.

Sumber :
https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-monera/
https://ekosistem.co.id/kingdom-monera/
Ferdinand, Fictor, dkk. 2009. Praktis Belajar Biologi Kelas 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.  Hlm. 30-37

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon