Friday, May 3, 2019

Peran Indonesia dalam Gerakan Non Blok

Setelah kita mengenal banyak seluk beluk Gerakan Non Blok yang begitu penting bagi negara-negara netral. Banyak negara ini yang tidak memihak antara kedua blok yang mendominasi dunia saat itu. Dikarenakan perbedaan ideologi sangat berbeda jauh antara dari negara-negara netral ini. Perbedaan baik dari segi politik dan dasar negara yang dianut. Sehingga gerakan ini sebagai antitesis dari antara pengaruh negara-negara adikuasa, 

Sedikit diulang bahwa Gerakan Non Blok (GNB) merupakan organisasi internasional yang terdiri lebih dari 100 yang menganggap dirinya tidak beraliansi dengan kedua blok yang ada dunia. Dikarekakan latar belakang, tujuan, prinsip-prinsip, dan ideologi negara yang dianut oleh mereka. Oleh karena kedua blok berusaha untuk mencari rekan negara yang beralisiansi dan sepaham olehnya, Negara-negara netral menolak dan lebih memilih membentuk organisasi sendir yang dinamakan GNB.

Peran Indonesia dalam Gerakan Non Blok

Dalam mengembangkan gerakan politik luar negeri bebas aktif, Indonesia juga memberikan sumbangsih dalam menjalankan politik luar negerinya. Indonesia secara bebas terpengaruh dari godaan antara kekuatan besar dari kedua blok, baik blok barat maupun blok timur, bahkan bebas terpengaruh dari politk blok barat maupun timur. Serta aktif ikut dalam perkembangan dunia yang ke arah perdamaian dunia. Orientasi kepentingan politik Indonesia adalah untuk kepentingan nasional dan meningkatkan hubungan antara negara-negara secara internasional.
Indonesia Berperan Aktif dalam GNB
©  theglobal-review.com
Oleh sebab Indonesia tidak memegang politik pasif, maka peran indonesia dalam GNB begitu penting. Dikarenakan Indonesia merupakan salah satu pendiri gerakan Non Blok yang harus berperan aktif didalamnya. Agar posisi dari peran Indonesia di dalam GNB sangat mantap dan banyak negara yang terjadi dalam hubungannya dengan Indonesia. Berikut peran Indonesia di dalam GNB :

1. Meningkatkan kerjasama antar negara-negara sesama anggota GNB

Dalam hal ini Indonesia berusaha untuk bekerjsama dengan negara-negara yang sesama satu padangan yang tidak memihak antara kedua blok. Kerjasama ini lebih cenderung terhadap kerjsama ekonomi, pembangunan negara, dan demi kepentingan nasional. Kerjasama ini sendiri ke arah perkembangan teknik, teknologi, dan ekonomi. Misalnya juga Kerja sama Selatan-Selatan yang melibatkan negara-negara maju untuk negara-negara berkembang

2. Ikut dalam menyelesaikan masalah-masalah ekonomi Internasional

Masalah ekonomi selalu hadir di setiap negara. Bahkan setiap masyarakat memiliki masalah ekonomi. Masalah ekonomi bagi negara adalah bagaimana negara tersebut bisa memajukan masyarakat yang ada di negaranya, bahkan kemiskinan merupakan masalah ekonomi terberat di negara. Tetapi peran Indonesia untuk menyelesaikan masalah ini.

Peran Indonesia sebagai penyelesai masalah ekonomi menengahi hubungan ekonomi internasional. Indonesia membantu dalam menyelesaikan masalah ekonomi setiap negara yang berhubungan dengannya, khususnya hubungan ekonomi. Peran ini pun digunakan untuk menunjang dalam pemabngunan berkelanjutan di Indonesia. Salah satu perannya ialah meningkatkan dialog Utara-selatan dalam kepentingan bersama.

3. Menjadi Pemimpin Gerakan Non Blok

Ingatalah bahwa Indonesia menjadi negara penting dalam pendirian GNB. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi cikal bakal berdirinya GNB. Presiden Soekarno menjadi salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam mendirikan Gerakan Non Blok bersama 4 pemimpin lainnya. Para Pemimpin ini berusaha untuk membebaskan diri dari dominasi kedua blok besar di dunia.

Sejak tahun 1992 sampai 1995. Indonesia dipercayai untuk memimpin GNB, yakni dipimpin oleh Soeharto. Soeharto menjadi Sekretaris Jenderal GNB. Sehingga Indonesia menjadi negara yang telah sangat aktif untuk membawa GNB jauh lebh baik. Sehingga Indonesia menuai prestasi berubah :
  • Membawa perubahan di GNB menentukan tujuan dan dapat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan jaman dengan cara menata prioritas-prioritas lama menjadi baru.
  • Indonesia memberikan warna baru yang luar biasa bagi organiasi
  • Indonesia membantu menyelesaikan pertikaian secara regional. Contohnya Kamboja, sengketan laut cina selatan gerakan separatis moro di Philipina.
  • Berhasil mengatakan KTT GNB ke-10 di Jakarta dan Bogor pada 1 hingga 7 September 1992.

Selain itu peran Indonesia secara nyata jika diringkas ialah :
  1. Presiden Soekarno adalah satu dari lima pemimpin dunia yang mendirikan GNB;
  2. Indonesia menjadi pemimpin GNB tahun 1991. Saat itu, Presiden Soeharto terpilih menjadi ketua GNB.
  3. Indonesia juga berperan penting dalam meredakan ketegangan di kawasan bekas Yugoslavia pada tahun 1996
  4. Ikut memprakarsai berdirinya Gerakan Non Blok dengan menandatangani Deklarasi Beograd sebagai hasil Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok I pada tanggal 1-6 September 1961.
  5. Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok X yang berlangsung pada tanggal 1-7 September 1992 di Jakarta.
  6. Indonesia berperan penting dalam Kerja Sama Selatan-Selatan
  7. Indonesia meningkatan dialog Utara-Selatan untuk kepentingan bersama

Kesimpulan

Dalam mengingat bahwa politik luar negeri Indonesia adalah Bebas Aktif, sehingga Indonesia harus melaksakana politik demi kepentingan negara dan bersama. Sehingga Indonesia juga berperan Aktif dalam perdamaian dunia. Indonesia memilik peran yang cukup strategis dalam GNB, salah satu yang paling nyata dalam sejarah ialah Presiden Soekarno menjadi pemimpin yang mendirikan GNB.

https://guruppkn.com/peran-indonesia-dalam-gerakan-non-blok

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon