Wednesday, June 21, 2017

Pengertian dan Macam-Macam Minat Demi Mengenal Karier Masa Depan

Pernahkah kalian merasa risau akan masa depan nanti? Pekerjaan apa yang akan ku inginkan? Prospek gaji kedepannya? atau pekerjaan apa yang akan kusukai? Segala problem remaja saat ini belum mengenal masa depan mereka nanti.

Segala permasalahan inipun timbul karena remaja belum mengenal apa itu diri mereka sendiri. Mereka masih belum bisa secara mandiri memikirkan akan masa depan yang akan mereka raih. Bahkan kebanyakan masih malas untuk bekerja. Malas untuk beusaha, atau kata malas sendiri telah dicap di benak para remaja ini. Bahkan pencapaian hanya bersifat sementara selalu ingin diraih dengan mudah. Oleh sebab itu perlu pengenalan diri lebih dalam. Salah satunya ialah mengenal minat guna menentukan suksesnya suatu karier di masa depan. Kelak nanti karier kita akan dijalani lebih mudah dan lebih enjoy.

Macam-Macam Minat © kata.co.id


Pengertian Minat

Pernahkah mengenal yang namanya minat? Mungkin sebagian kita mengenal apakah arti minat. Secara sederhana adalah suatu tugas atau kegiatan yang membangkitkan selera, keinginan, dan perhatian khusus karena telah memberikan kesenangan atau kenikmatan tersendiri.

John Holand, seorang psikolog terkenal sendiri telah memberikan defisini minat. Minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang dapat membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberikan suatu kesenangan dan kenikmatan sendiri. Sehingga minat sendiri dapat menjadi tolak ukur seseorang agar lebih termotivasi dan mendalami pekerjaan dengan kinerja yang tinggi pula.

Bahkan jika memang sulit menemukan minat dalam diri manusia, manusia akan sulit menemukan bakat yang akan mereka kembangkan. Sehingga mereka akan merasa malas untuk mengembangkan karier di masa depan. Oleh sebab itu penekunan dan dukungan lingkungan sangat diperlukan demi mendapatkan karier cemerlang.

Macam-Macam Minat

Setelah kita mengenal pengertian dari minat itu sendiri, kita akan lebih mengenal lagi mengenai macam-macam minat yang di dasarkan pada psikolog. Menurut sumber yang ada. Minat sendiri dikategorikan menjadi 12 macam, yakni :
  1. Mechanical, Suatu minat beruhungan terhadap aktivitas mesin, alat-alat, perakas, dan daya mekanik, contohnya menjadi insinyur sipil, montir, tukang mesin.
  2. Out Door, Minat terhadap aktivitas di luar rumah atau di lapangan, atau segala yang berhubungan dengan pekerjaan luar rumah, seperti nelayan, petani, sepak bola, atlet, peternak.
  3. Medical, Suatu minat yang berhubungan dengan aktivitas kesehatan dan perawatan. Sehingga mengurangi akibat adanya penyakit yang ada dalam manusia. Misalnya dokter, ahli bedah, perawat, farmasi, fisioterapi, dan lainnya.
  4. Praktical, Suatu minat yang cenderung terhadap aktivitas dengan pekerjaan yang praktis dan memerlukan praktek yang sederhana, keterampilan, maupun sedikit keahlian. Misalnya karya pertukangan, ahli bangunan.
  5. Clarical, Suatu minat yang lebih condong terhadap pekerjaan memerlukan ketelitian dan ketepatan dalam perhitungan maupun tugas-tugas yang sangat rutin. Misalnya manager bank, seketaris perusahaan, pegawai.
  6. Sosial Service, Minat terhadap aktivitas yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, keinginan menolong, membimbing dan menasehati, keinginan mengerti orang lain dan mempunyai ide.
  7. Musical, Sesuai dengan maksudnya, maka minat ini lebih menjurus pada kegiatan yang berkaitan dengan musik. Baik itu menyanyi, mendengarkan, memainkan instrumen, membaca lyrics, atau segala yang berhubungan dengan musik
  8. Laterarary,  Kecenderungan manusia pada minat ini ialah lebih suka mengarang, membaca buku-buku, dan menjadi seorang penulis dengan penuh ide, Contohnya ialah wartawan, pengarang, penyair, penulis scenario, drama / film / sinetron.
  9. Aesthetic, Keindahan dan Minat terhadap aktivitas yang berkaitan dengan keindahan, bersifat seni, dan menciptakan sesuai dengan bernilai seni. Contohnya seniman, artik, arsitek, perancang.
  10. Personal contact, Minat dan aktivitas yang berhubungan dengan suatu ruang diskusi, bergaul dengan manusia, maupun yang membutuhkan kontak dalam masyarakat, atau sesuatu yang membutuhkan kontak dengan masyarakat. Contoh penjualan/sales, penyiar, konselor, motivator, broker, maupun personal kontak.
  11. Scientific, sebuah aktivitas dan minat berhubungan dengan sains, kreativitas, analisis, penyelidikan, dan eksperimen dalam bidang kimia, fisika, dan ilmu pengetahuan umum, contohnya : ilmuwan, insinyur, ahli biologi, ahli kimia, ahli fisika. dll.,
  12. Computational, Minat yang cenderung terhadap angka-angka, komputer, maupun matematika yang menjadi tujuan utama aktivitasnya, misalnya akuntan, ahli statistic, auditor, guru matematika, kasir
Setelah saya paparkan apa yang ada diatas, apakah kalian mengerti akan apa yang ada diatas bahwa sebagian kita pasti memiliki berbagai minat, bahkan tidak hanya satu minat yang kita tekunin, bahkan dua atau lebih minat yang kita miliki. Oleh sebab itu mari kita akan mengenal minat lebih dalam melalui penelitian maupun penjelasn berikut.

Bagaimana Caranya Mengetahui Minat Kita?

Setelah kita memahami macam-macam minat, kini apakah yang harus kita lakukan sembari kita mengenal minat yang lebih terarah. Oleh sebab itu mari saya sedikit menjelaskan mengenai topic spesial satu ini.

Cara paling mudah untuk mengetahui minat seseorang dengan cara aktivitas sehari-hari. Kita lebih cendeurng mengarah pada bermain musik, maupun komputer, atau lainnya. Oleh sebab itu, kegiatan kita yang terarah pada suatu bidang, itulah minat yang sangat kita tekunin saat itu pula. Itulah yang disebut dengan minat.

Secara ilmiah pula kita dapat mengetahuinya dengan melakukan suatu test psikolog, khususnya test bakat dan minat. Test ini sendiri diberikan dengan berbagai alat ukur, mulai dari pertanyaan, kegiatan, dan alat lainnya yang teruji dari kejiwaan seseorang. Walaupun banyak yang menilai ini adalah hal yang tabu atau tidak sesuai, sebenarnya sah-sah saja. Karena telah teruji secara ilmiah, dan hasilnya pun mengarah pada arah ilmiah, serta saran apakah yang harus kita tekuni agar mengapai kesuksesan karier di masa depan nanti.

Sementara secara ilmiah cara yang sangat umum digunakan untuk mengetahui minat seseorang adalah dengan test minat. Tes ini tersusun dalam bentuk sepertangkat alat ukur yang telah diuji kesakshihannya secara ilmiah, dimana hasilya sangat kecil kemungkinan salahnya. Dari hasil tes minat itu kan tergambar secara ilmiah minat kita kemudian masuk kategori apa. Kemudian dari hasil itu kita mendapat saran sebaiknya aktivitas apa yang harus kita tekuni agar sukses karier di masa depan kita.

Kesimpulan

Setiap orang pasti memiliki minat yang berbeda, demikianlah aktivitas yang dimilki orang. Banyak manusia saat ini tidak mengerti akan namanya minat yang mereka tekuni, bahkan sebagian besar gagal oleh karena tidak menekuni apa karier yang dijalaninya. Oleh sebab ketekunan dan minat ini, diharapkan remaja saat ini mampu mengembangkan bakat dan minat agar tidak mengalami kegagalan dalam pekerjaannya di masa depannya nanti.

Sumber
psikologan.blogspot.com
Gambar :
kata.co.id

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon