Monday, September 28, 2020

8 Fungsi Keluarga beserta penjelasannya

Pernahkah kalian memiliki keluarga yang punya tujuan jelas? Mungkin kita sangat jarang memiliki keluarga demikian. Tetapi pernahkah arti penting keluarga dapat dilihat dari bagaimana fungsi-fungsi keluarga tersebut berkembang? Dapatkah keluarga tersebut berjalan lancar tanpa menjalankan fungsi-fungsi mereka?

Keluarga
Keluarga
© Woman / Mabel Amber / Pixabay

Inilah artikel dan juga ajuran untuk menghidupkan fungsi-fungsi keluarga. Memang pada intinya ada 8 Fungsi keluarga yang harus diterapkan di dalam kehidupan berkeluarga. Mungkin juga penting diterapkan dalam kehidupan pacaran kali. wkwk. Lansung saja kita membahas mengenai fungsi-fungsi Keluarga.


Fungsi-Fungsi Keluarga

Keluarga punya perang sangat strategis dan penting bagi seorang individu maupun kehidupan keluarga di masyarakat. Individu akan dapat berkembang dan merasakan kelekatan secara psikologi yang baik jika memiliki keluarga yang baik pasti memiliki fungsi-fungsi ini diterapkan dengan baik pula. Oleh sebab itu keluarga adalah bagian penting dalam kehidupan dan perlunya cinta kasih di dalamnya.


1. Fungsi Kepercayaan Iman

Keluarga harus memiliki peranan penting dalam membentuk anggota keluarganya untuk semakik beriman kepada Tuhan. Dikarenakan dalam pernikahanpun harus didasarkan pada Tuhan dan perlu nya berbakti kepada Tuhan. Oleh sebab itu fungsi kepercayaan iman ini atau sering disebut agama sangat penting. Keluarga harus mengajarkan arti penting kehidupan bersama Tuhan di setiap sendinya agar bertumbuh semakin dewasa.


2. Fungsi Sosial Budaya

Dalam hal ini, keluarga harus membentuk kebudayaan dan sosial di dalamnya. Hal ini terlihat bagaimaan kelaurga adalah agen / media sosialiasi bagi seorang individu baru untuk belajar di dalam kehidupan mereka. Oleh sebab itu, fungsi sosial budaya akan membentuk individu untuk lebih dewasa kehidupannya yang kelak dirinya jalankan.


3. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang

Keluarga tanpa cinta dan kasih sayang akan membentuk keluarga yang penuh dengan kebencian. Masa saat pertama kali kita angkat nikah kita tidak pernah merasakan kasih sayang dari suami istri. Oleh sebab itu di dalam keluarga harus adanya cinta dan kasih sayang antar sesama anggota keluarga. dari Cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak, antara suami istri, dan anggota keluarga lainnya. Akan membentuk kepercayaan disetiap anggota keluarganya. Serta jangan menjadi sarang kebencian di dalamnya.


4. Fungsi Perlindungan

Keluarga harus menjadi tempt perlindungan pertama bagi anak dan anggota keluarga lainnya. Beberapa anggota keluarga harus menjadi yang harmonis sehingga anggota keluarga tidak merasa terancam dari luar dan terdapat cinta kasih di setiap anggota keluarganya. Keluarga yang harmonis adalah impian setiap orang.


5. Fungsi Reproduksi

Dalam keluarga alangkah baiknya menghasilkan keturunan lanjutan. Keturunan yang berlanjut ini sangat penting untuk diterapkan dalam fungsi reproduksi ini. Sebagai anggota keluarga yang meneruskan keturunan dan menjadi penerus bagi bangsa dan negara kita. Termasuk juga untuk kehidupan keluarga kelak di generasi berikutnya.


6. Fungsi Sosialiasi dan Pendidikan

Seperti halnya sosial budaya, fungsi sosialiasi sangat penting, khususnya mengenai pendidikan karakter terhadap anak dan anggota keluarga lainnya. Agar mereka dapat menjadi lebih dewasa dan kelak akan berbudaya yang baik.. Sosialiasi sangat penting dan sosialiasi pertama untuk anak dan individu baru terdapat dalam keluarga.

Keluaga adalah tempat pendidikan utama dan pertama bagi putra dan putri yang baru saja lahir di dunia. Sehingga keluarga dan manusia umumnya pertama kali akan merasakan pendidikan yang baik terdapat pendidikan yang baik di dalamnya. Sehingga pendidikan ini sangat penting diterapkan dan dilakukan di dalamnya.


7. Fungsi Ekonomi, Kosumsi, dan Produsen

Di dalam fungsi ekonomi, setiap anggota harus memiliki peran penting di setiap anggotanya. Anggota keluarga yang memiliki peran penting disetiap anggota keluarganya akan menghasilkan keluarga yang produktif bagi masa depan.

Kosumsi dan produsen adalah fungsi penting dikarenakan keluarga harus menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan bagi setiap anggota keluarganya. Kebutuhan-kebutuhan ini sangat menunjang anggota keluarga untuk tetap produktif.


8. Fungsi Lingkungan

Keluarga harus memberikan pengenalan akan lingkungan sangat penting bagi kehiupan keluarga. Kelaurga harus membuat anggota-anggota keluarganya untuk mengenal lingkungan yang bersih, rapi, indah, enak dilihat dan nyaman. Ketika lingkungan demikian terjaga dengan baik. Dapat diharapkan keluarga akan jauh lebih berkembang dan mengarah kepada kenikmatan dan kenyamanan dan kehidupan yang lebih baik.


Fungsi Lain di Keluarga

9. Fungsi Rekreasi

Ketika keluarga sudah penat terhadap segala aktivitas di dalam rumah maupun saat kantor. Maka anggota kelaurga tersebut atau keluagana harus mengadakan suatu rekreasi atau berlibur di suatu tempat untuk menyegarkan kembali pikiran dan fisiknya. Sehingga keluarga tidak lagi penat maupun beban, melainkan akan segar kembali di dalam kehidupannya.


Kesimpulan

Keluarga adaah bagian terpenting di dalam kehidupan. Di dalam keluarga kita belajar bagaimana menjadi seorang yang semakin dewasa dan berfungsi dengan baik. Keluarga yang dewasa adalah keluarga yang cukup menerapkan berbagai hal di dalam fungsi keluarga agar keluarga dapat berjalan dengan sangat baik. Secara inti memang ada 8 fungsi keluarga tetapi yang tidak kalah penting ada beberapa fungsi lain yang belum dicantumkan, yaitu fungsi rekreasi.

Keluarga yang baik dapat menerapkan berbagai fungi-fungsi mereka sehingga keluarga tersebut akan kuat dan berjalan sebagaimana peran penting di dalam keluarga berjalan optimal. Berjalannya optimal suatu keluarga sangat mempengaruhi seluruh anggota keluarga lainnya bahkan masyarakat. 

Sumber :

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon