Sunday, March 29, 2020

[Review] Blogger untuk Pemula - Ricky Rachmanto & Grafisku Studio : Cocok bagi Pemula blogger era Lama

Pertama kali ngebloging sebenarnya pada saat SMP kelas 1 (Oktober 2012 - 2013 mungkin gw lupa). Dimana saya hanya mencoba-coba menulis dan mengupload sebuah tugas yang saya tulis disitu. Diaman yang merupakan tulisan dari kerja kelompok atau tugas-tugas SMP saya masukin blog sekaligus ingin bikin namanya buku. Nah itu yang menjadi dasar gw untuk ngebloging dan sekarang ini bagaiamana ngembangi blogger ke tingkat next gen.

Blogger untuk Pemula
Ricky Rachmanto - © Foto Sendiri
Kali ini gw ada buku yang menarik ketika gw pergi ke suatu tempat namanya pameran Gramedia, bertepatan di pameran Gramedia di Maspion Square Surabaya. Kebetulan saya mencari dan mengamati pameran tersebut dan woila, gw dapat buku Blogger untuk Pemula. Suatu buku yang sangat sederhana dibikin oleh seorang blogger Ricky Rachmanto dan Grafisku Studio. Buku ini sampai saat ini dicetak ulang dan menjadi buku sangat pemula untuk belajar blogger. Dan saat ini saya akan mencoba untuk mereview buku ini. Dan mungkin gw akan sedikit bikin tutor sedikit dari buku ini dan kombinasi gaya gw.

Informasi Buku :

Buku : Blogger untuk Pemula 
Penulis : Ricky Rachmanto dan Grafisku Studio
Penerbit : Elex Media Komputindo (Kompas Gramedia)
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2015
Jumlah Halaman : 140 (xii + 128)
Bahasa : Bahasa Indonesia
Genre : Teknologi Informasi / Internet
Check link : Gramedia, Ebook, Tokopedia, Toko online dan offline setempat.

Sekilas First Impression

Sebenarnya sudah saya tebak buku ini mau kemana dan isinya bagaimana, yang akan dibahas dan sesuai dengan ekspetasi tetapi lebih ditambahi script ada. Dan bener apa yang gw pikirkan sehingga sekilas first impression gw gk terlalu banyak ekspetasi tetapi kalau gw berada di tahun 2013 jelas buku ini sangat luar biasa.

Bagi para pemula jelas buku ini adalah buku saku wajib bagi mereka. Buku sakti yang penting dimiliki oleh mereka yang masih belajar blogger. Khususnya yang sangat awam mengenai blogger. Namun jauh dari kata sempurna buku ini jelas gw rasa secara konsep buku ini cukup memberikan gambaran mengenai dasar-dasar ngeblogging. 
Dasar Membuat Blogger...
© Foto Sendiri
Cetakan yang ada jelas cukup baik selama gw pegang dan baca memang cukup tipis namun dari segi kepadatan buku dan tulisan jelas buku ini cukup longgar dan lebih enak untuk dibaca secara keseluruhan.

Bagaimana review gw dan isi buku ini?

Poin awal, lu ngapain nulis blogger?

Jadi perlu lu pikir dari awal. Disini penulis jelas mengerti bahwa perlunya semangat awal sebagai bagian awal dari menulis. Ini adalahsautu semangat penting mengingat blogger itu tidak sembarangan untuk dijalani. Memang buku ini gw rasa semangat awal blogger pasti kita harus menulis apa yang kita mau dan ketahui melalui tulisan kita. Itu merupakan semangat kita blogger.

ada 4 poin penting yang disampaikan oleh sang penulis adalah :
  • Blogging adalah suatu tempat untuk problem Solving
  • Blogging sebagai tempat menjadi ladang cari duit
  • Blogging adalah sebagai hobi sehari-hari
  • Blogging sebagai ajang buat ekspresikan diri lo
Selain poin itu, ketika lu beneran ada niat yang bener-bener dari nulis blog, alangkah biknya lu menyiapkan beberapa bagian penting dari sini, yaitu :
  • Komputer/Laptop
  • Internet
  • Buku, Pena, dan Kertas (Menulis Ide)
  • Image Capture / Gambar 
  • Template dan beberapa widget blog.
Dibagian ini sendiri gw ngerasa 3 bab adalah bab-bab yang berbicara secara dasar dalam hal mengenai dasar-dasar blogger. Bahkan untuk pemula sekalipun, dasar-dasar ini menurutku sangat cocok untuk dibaca oleh sebagian besar dari blogger pemula bahkan yang belum pernah menulis blogger sama sekali. Sehingga saya rasa bagi yang belum pernah menulis blogger, harusnya buku ini cukup menuntun orang menulis. Ditambah pula dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh sebagian besar pembaca. 

Poin Tengah, Pengenalan dan Desains dasar Blogger

Poin tengah yang dibahas sebenarnya mengarah pada bagaimana pengenalan yang  merupakan bagian penting di dalamnya. Poin Tengah ini telah memberikan kita bagaimana tampilan dasar bloggger sehingga kita dapat mengerti. Pada bagian ini saya rasa kalian akan diperkenalkan bagaimana dashboard dari blogger ditahun 2015, sera sebenarnya ada update UI di tahun 2020 yang sekilas tidak ada perbedaan antara dashboard UI lama dengan UI baru.
Membangun sebuah widget
 - © Foto Sendiri
Sekaligus dalam poin ini ada teknik penulisan blogger, Artikel yang sebenarnya ada di tanganmu. Dalam hal ini, buku ini tidak memberikan ulasan bagaimana cara menulis dengan baik dan benar. Namun saya mengikuti laju artikel ini sebenarnya sedang membicarakan bagaimana menjadi seorang penulis blogger di tingkat pemula sampai bisa menjadi tingkat yang mahir.

Bagian ini sebenarnya sangat mudah untuk dipelajari bagi pemula saya sangat merekomendasikan buku ini. Dikarenakan buku ini sangat memberikan wawasan mudah sekaligus bagian terpenting mengingat buku ini sangat ditunjukkan bagi orang awam.

Poin Akhir, Bonus yang Tak Terduga

Sampai ketitik bonus adalah bagian yang sangat ditunggu-tunggu. Alasannya adalah bagian ini adalah bagian yang menampilkan sesuatu yang menarik sekaligus sesuatu yang sangat berguna untuk blogger. Khususnya bagi pemula blogger yang ingin tampilannya dipercantik. bagian ini sendiri terdapat beberapa script yang sebenarnya sangat berarti disini.

Beberapa script yang ditampilkan dan link untuk mendapatkannya telah disediakan dari penulis. Skrip yang ingin ditampilkan ada hampir 30 jenis, antara lain :

Animasi :
  1. Animasi Jam
  2. Animasi Bunga Sakura Gugur
  3. Animasi Salju Berjatuhan
  4. Animasi Daun Berguguran
  5. Animasi Hewan Peliharaan
  6. Animasi Meteor Jatuh
  7. Animasi Banjir
  8. Animasi Petir
  9. Animasi Burung Twitter
  10. Animasi Teks Mengikuti Arah Mouse
  11. Animasi Kembang Api
  12. Animasi Tag Cloud
  13. Animasi Kursor ada Gelembung
  14. Animasi Pop Up
  15. Animasi Teks Area

Menambahkan Widget Jejaring Sosial :
  1. Widget dari lencana Facebook.
  2. Widget Like Button Facebook Page
  3. Widget Twitter box

Widget yang bikin Greget
  1. Buku Tamu
  2. Membuat Chat Yahoo Messenger (udah tidak ada YM)
  3. Membuat Anti Copy Paste
  4. Membuat Related Post
  5. Memasang Gadget Terjemaan
  6. Menambahkan Gadget Kalender
  7. Menambahkan Gadget Print
  8. Menambahkan Gadget Blogroll
  9. Menambahkan Gadget Jadwal Sholat
  10. Membuat Gadget Komentar Terbaru
  11. Memasang Widget Email Subcribe
  12. Membaut Widget Game
  13. Membuat Widget kirim Pesan
  14. Membambahkan Widget Polling
  15. Menambahkan Kuis pada Artikel
  16. Memasang Gadget Musik
  17. Dan Membuat Kategori seperti Windows Explorer

Selain itu ada teknik untuk menemukan kata yang tepat untuk menulis blog dan sedikit pembelajaran mengenai SEO. Pembahasan SEO disini dibahas secara singkat padat jelas dimana kita setiap penulis blogger akan selalu berperang untuk mendapatkannya. Salah satu cara adalah bagaimana menemukan kata/kalimat yang belum pernah ada dan kita mencari kata tersebut sebagai poin penting untuk pembuatan blog kita.
Bonus-Bonus
 - © Foto Sendiri
Semua itu ada dalam sript dan beberapa tutorial yang ditulis oleh Ricky Rachmanto dalam bukunya bener-bener bermanfaat untuk membangun kecantikan dan estetika dari blog yang ingin ditulis. Namun penggunaan skrip alangkah seperlunya untuk membangun blog jauh lebih baik.


Simple, padat, dan lebih mudah dimengerti bagi orang Awam

Apa yang gw baca disini sebenarnya cukup sederhana, dan mudah untuk dimengerti bagi para pembuat blogger pemula. Namun sebenarnya yang penting ialah niat untuk mendapatkan uang sejuta pertama di blogger. Mungkin akan ada buku dari Jefferly Helianthusonfri yang akan saya review bagaimana metode pemasaran hingga keaktifan dalam menulis blog. Semoga buku ini akan jadi bermanfaat bagi kita semua.

Bahasa yang mudah Dipahami

Kelebihan lain dari buku ini adalah Bahasa, kali ini saya mendapatkan buku dengan gaya bahasa yang dipakai oleh Ricky adalah gaya bahasa anak mudah jaman sekarang maupun saat buku itu pertama diterbitkan. Saya setuju dengan gaya bahasa yang dibuat oleh Ricky Rachmanto. Gaya bahasa yang memakai ala anak muda, komunikatif, dan padat ini dicerna dengan mudah oleh para pembaca buku Ricky Rachmanto ini dengan baik.

Keismpulan

3 poin penting yang dijelaskan memiliki maksud penting dan ringkas dalam buku Ricky Rachmanto ini. Buku ini sebenarnya buku dasar dalam penulisan Blogger. Saya sangat merekomendasikan buku ini bagi mereka yang masih galau dan resah soal blogger. Karena buku ini adalah buku dasar pengenalan mengenai blogger. Namun untuk penulisan selanjutnya ada dalam tangan kita masing-masing dalam membesarkan blog kita masing-masing. Terpenting ialah konsisten dalam membangun isi blog serta memenangkan SEO masing-masing.

Kelebihan

  • Pengenalan akan dunia blogger
  • Pengenalan SEO singkat karena dinamis
  • Memberikan beberapa skrip yang bener-bener bermanfaat. 
  • Bahasa yang sangat mudah dimengerti bagi anak muda (gk seperti review ini)
  • Buku yang padat, ringkas, dan pengenalan yang baik

Kekurangan

  • Jelas bagi seorang cukup paham dan profesional, buku ini tidak memberikan nilai berarti
  • Bagi yang sudah paham komputer langsung mengerti blogger seluk beluknya seperti apa.
  • Memberikan wawasan SEO yang sederhana
  • Tidak memberitahu bagaimaan menulis blogger supaya terkenal.
  • Orientansi pada praktek.

Penilaian : 7/10. (karena untuk awam)


Bagaimana apakah kalian tertarik untuk membaca buku ini dan memahami isinya? Atau hanya sekedar ingin mengambil bonusan yang ada?

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon