Thursday, June 27, 2019

Cara Memakai Jangka Sorong dengan Baik dan Tepat

Setelah kita mempelajari beberapa bagian dari jenis-jenis alat ukur yang ada. Kini kita akan mempelajari salah satu alat ukur yang sangat populer dalam bidang Fisika. Alat ini lebih sering dikeluarka saat materi Ujian Nasional SMA kemarin. Dan merupakan alat fungsi sederhana yang ada dalam bidang fisika.

Jangka Sorong
© alihamdan.id

Dalam ilmu fisika dalam penggunaan Alat ukur adalah sesuatu yang benar-benar penting. Dimana kita diminta untuk mengerti bagaimana menggunakan alat ukur yang benar. Hal ini sangat penting dan selaras agar kita  dapat mempergunakan alat ukur ini dengan baik. Salah satnya ialah alat Ukur Jangka Sorong.

Jangka Sorong

Jangka sorong adalah suatu alat ukur mirip seperti mistar, tetapi ini sangat berbeda mengingat bahwa jangka sorong terdiri dari dua bagian. Jangka sorong sendiri memiliki ketelitian hignga 1/100 milimeer. Ketelitian ini sendiri tergantung pada keahlinan pengguna. Dalam versi analog yang digunakan pada umumnya memiliki tingkat ketelitian hingga 0,05 mm untuk jangka sorong yang berada di bawah 30 cm dan 0,01 yang berada di atas 30 cm. Tetapi yang terbaru versi jangka sorong jauh lebih mudah karena dilengkapi oleh display digital. Jadi sangat easykan?
Jangka Sorong Digital
dan Jangka Sorong Analog
© studiobelajar

Cara Mempergunakan Jangka Sorong

Cara mempergunakan Jangka Sorong pada hakekatnya cukup mudah dikarenakan sangat mudah sekali. Mungkin kalian bisa melihat animate dari wikipedia untuk lebih nggeehh. Tetapi ada versi yang menarik untuk kita pelajari.
Cara Mempergunakan Jangka Sorong
© id.wikipedia.org

Cara mempegunakan

  • Persiapan, kendungkan baut pengunci dan menggeser rahang geser. Serta pastikan kalau rahang geser bekerja dengan baik. Dan ingat sebelumnya telah melakukan pengecekan agar posisi pengecekan dan rahang serta jangka sorong  bekerja sangat maksimal. Jikalau yang diset tidak menunjukan posisi awal, yakni nol. maka perlu melakukan setingan ulang agar pass.
  • Setelah persiapan dirasa beres. Langkah berikutnya adalah untuk membersikan segala kotoran yang ada agar tidak menghalangi pengukuran. Sebenarnya ini juga penting saat diawal. Namun karena kebersihan adalah faktor penting agar permukaan rahang geser sekaligus menghasilkan pengukuran maksimal dan mengurangi kesalahan pengukuran.
  • Tutup rahang hingga mengapit benda yang akan diukur serta pastikan agar posisi benda sesuai pengukuran hingga mengabil. Lalu membaca skala yang ditampilkan.

Cara menghitung Skala

Dalam pengukuran Jangka Sorong, kita diminta untuk melihat dari skala utama. Nilai angka sendiri terukur dengan baik dan menghasilkan pengukuran maksimal. Berikut cara untuk menghitung ukuran:
  • Lihat skala utama (terlebih dahulu) dalam nilai yang terukur dalam garis lurus dengan angka nol di skala noniusnya. Bisa menunjukkan posisi terhimbit dengan garis pada skala utama  bisa juga tidak. Jika memang tidak diambil dari nilai skala utama terdekat di kirinya. Baru kita menghitung dengan ketelitian sampai 1mm
  • Lalu lihat skala nonius, carilah angka yang terhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini punya ketelitian hingga 0,1 mm yang ada.
  • Lalu Jumlahkan nilai yang ada.
Jawabanya 5,35 cm
© rumushitung.com

Kesimpulan

Penggunaan dari Jangka Sorong sangatlah penting agar kita mengerti menggunakan jangka sorong dengan baik. Bukan cuman gambar yang kita lihat dalam berbagai buku pelajaran SMA Fisika. Tetapi bisa kita gunain secara bijak apa yang ada dalam penggunaan Jangka Sorong.

Sumber :
Rumus Hitung
Wikipedia Indonesia

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon