Thursday, June 22, 2017

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat dari Organisasi

Pernahkah mendengar atau membaca mengenai kata Organisasi? Kita tak asing terhadap kata demikian, bahkan kita sering kali mendengar kata demikian langsung diartikan sebagai sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama. Memang tak salah mengartikan demikian, namun pada hakekatnya kembali pada diri kita untuk menyerap informasi yang ada.
 
Walaupun dikatakan sebagai wadah berkumpul dan berekspresi, organisasi sendiri memiliki banyak kata sinonim atau menyerupai ini, namun pada artikel ini akan membahas mengenai organisasi secara mendalam. Mulai dari pengertian, tujuan, hingga partisipasi dalam Organisasi. Jadi saya sedikit memperingatkan bahwa artikel ini akan lebih panjang dari artikel yang biasanya.
 

Pengertian Organisasi

Masih paham apa yang dimaksud dengan organisasi? Pasti pada paham atau tidak akan istilah demikian. Secara pengertian yang cukup panjang ialah Organiasi adalah tempat / wadah / ruangan untuk orang-orang se-tujuan bekerjasama secara sistematis serta rasional, dengan menggunakan seluruh sumber daya yang ada (baik itu pikiran, modal, lingkungan dan lain-lain) secara efektif dan effisien guna mencapai tujuan bersama.
Organisasi
    
Wah,, panjang amat ini pengertian, mungkin kita langsung tak enak mendengar pengertian begitu, wait, ada garis inti di dalam pengertian itu loh, salah satunya adalah tempat orang-orang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Nah ini pengertian sederhananya. Untuk mengerti pengertian dari para ahli bisa buka website Spengetahuan  karena disitu terdapat beberapa pengertian para ahli loh.

Tujuan Organisasi

Apakah kalian paham tujuan yang dimaksud dalam organisasi? Pasti kalian paham apakah itu tujuan ini? atau sebagainya? pasti banyak tujuan yang dicanamkan dalam setiap organisasi. Oleh sebab itu tujuan inilah yang sangat mempengaruhi kinerja organisasi itu sendiri maupun mendapatkan anggota setujuan baru didalamnya.
 
Dalam tujuan sendiri terdapat beberapa tingkatan dalam pengelompokannya menurut skala prioritasnya, berikut pengelompokannya ada 3, yaitu :
  1. Tujuan Misi umum(Secara keseluruhan) : Merupakan pernyataan luas, dalam skala umum yang mengartikan bagaimana tercipta sebuah organisasi. Secara normal, tidak ada perubahan sama sekali dari tahun ketahun, serta sering menjadi pernyataan pertama dalam konstitusi sebuah organisasi. (Prioritas Tujuan tidak bisa berubah)
  2. Tujuan pernyataan penjelas dari apa yang ingin dicapai oleh organisasi. Merupakan tingkat dua dari tujuan atau dibawahnya misi umum serta merupakan misi dari sebuah organisasi. Tujuan dibawah misi umum sendiri bisa dapat berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kesepakatan dari organisasi tersebut. (Tujuan bisa berubah dari tahun-tahun)
  3. Tujuan deskripsi dari apa yang harus dilakukan dari tujuan diatas, merupakan spesifik yang jelas, laporan tugas terukur guna memenuhi tujuan diinginkan sebuah organisasi, biasanya tujuan deskripsi ini jangkanya pendek dan memiliki batas tertentu (Tujuan jangka pendek).
  
Sedangkan pengelompokan tujuan dari Penow untuk organisasi umumnya dibedakan menjadi 5 tujuan menurut “Sudut Pandangan Mereka yang berkepentingan” , yakni :
  1. Tujuan Kemasyarakatan (Societal Goals), lebih cenderung dengan kelas-kelas organisasi luas untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
  2. Tujuan Keluaran (Output Goals), berkenaan pada jenis-jenis keluaran tertentu pada bentuk fungsi-fungsi konsumen. Contoh : Barang dan Jasa kepada Konsumen.
  3. Tujuan Sistem (System Goals), Tujuan organiasi sendiri tidak tergantung pada barang atau jasa, melainkan pada sistem dalam organisasi.
  4. Tujuan Produk (Product Goals) / Tujuan Karakteristik Produk, mengikuti berbagai karakteristik barang dan jasa.
  5. Tujuan Turunan (Derived Goals), tujuan digunakan organisasi untuk meletakkan kekuasaanya dalam pencapaian tujuan lain.
Secara sederhana dari prioritas tersebut adalah wadah untuk mencapai goal bersama. Di dalamnya pula terdapat orang, memiliki tempat berkumpul, dan satu tujuan bersama.

Manfaat Organisasi

Dengan segelintir tujuan yang diterapkan dalam organisasi, pasti dalam berorganisasi memiliki manfaat yang bakalan menarik untuk dibahas. Mana mungkin tidak ikut organisasi tanpa bermanfaat bukan. Berikut manfaat berorganisasi dari umum hingga khusus dicampur aduk jadi satu. Bahkan banyak sekali loh manfaatnya.
Manfaat dalam Organisasi salah satunya digambar
  1. Tercapainya tujuan bersama .Jika kalian telah membaca tujuan-tujuan diatas, maka maksud sebenarnya terbentuknya organisasi ialah tercapainya tujuan bersama yang dilakukan oleh banyak orang dalam organisasi. Tujuan ini akan tercapai maksimal dan efektif bila dikerjakan dalam organisasi.
  2. Melatih mental buat bicara di depan publik. Setiap orang memiliki kelemahan masing-masing. salah satunya ialah berbicara di depan publik. Nah oleh sebab itu kalian bisa belajar buat berorganisasi, khususnya organisasi mahasiswa yang sebagai wadah yang tepat buat pengembangan public speaking. Sehingga kepercayaan diri akan muncul didalamnya
  3. Mudah memecahkan masalah. Karena setiap orang pasti punya masalah, bahkan sekelompok orangpun demikian. Oleh karena demikian maka dalam organisasi kita diajar bagaimaan bersikap dan menyikapi masalah yang ada di kehidupan masyarakat yang kompleks dan majemuk.
  4. Melatih Leadership. Di organisasi, kita diajarkan bagaimana menjadi pemimpin walaupun kita sendiri seorang anggota organisasi. Karena seorang jiwa pemimpin adalah jiwa yang besar.
  5. Memperluas pergualan dan pertemanan. Sebab dalam organisasi kita akan mendapatkan berbagai macam teman sekaligus orang yang gabung, serta mendapatkan berbagai teman didalamnya.
  6. Meningkatkan pengetahuan, wawasan, bakat, dan minat. Sebab dalam organisasi maka wawasan dan pengetahuan yang kita miliki semakin meluas dan banyak. Serta jangan luput terhadap bakat dan minat yang dimiliki.
  7. Membentuk karakteristik seseorang. dengan berbagai teman dan orang di dalamnya pasti banyak sifat maupun sikap yang terbentuk maupun dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena bergesekan karakter dari satu orang ke orang lain, maka akan terbentuk karakter yang bagus.
  8. Kuat dalam menghadapi tekanan. salah satu karakter yang terbentuk adalah kuat akan tekanan sehingga tahan terhadap stress maupun depsresi saat mengikuti organisasi.
  9. Melatih kita menjadi bermasyarakat. Bahwa dalam organisasi kita akan dituntut untuk berhubungan langsung dengan masyarakat di sekitar kita. Oleh sebab itu dapat melatih diri untuk berkembang dan berhubungan dengan masyarakat.
  10. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik. Salah satu manfaat lainnya adalah dapat mengatur dan memanajemen waktu dalam kehidupan
  11. Mendatangkan keuntungan ekonomi. Jika organisasi tersebut merupakan organisasi ekonom, maka dapat menjadi bagian keuntungan tersendiri bahwa organisasi tersebut ingin mengapai tujuan keuntungan ekonomi.
  12. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya. Mau gimana lagi kalau enggak kerja, maka tidak baik bukan? Maka disinilah kita diajar buat bekerja. Bahkan waktu luang kita tergantikan dengan baik jika dalam satu organisasi.
 
SUMBER:
Spengetahuan  
wikipedia.org
anitamutez.blogspot.com 
Gambar :
ebrael.wordpress.com
betawifbr.wordpress.com

Tinggalkan Komentar di bawah ini
EmoticonEmoticon